MANAJEMEN EKONOMI PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Pondok Pesantren Manba’ul Huda Cisambeng Palasah Majalengka)

Sri Nur Aeni, (2024) MANAJEMEN EKONOMI PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Pondok Pesantren Manba’ul Huda Cisambeng Palasah Majalengka). Masters thesis, S-2 Ekonomi Syariah.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (583kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB)

Abstract

Manajemen pesantren pada hakikatnya merupakan salah satu strstegi dalam pembaharuan pesantren dalam bidang ekonomi yaitu sebagai suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk memampukan dan memandirikan masyarakat pesantren. Dalam hal ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan masyarakat pesantren melalui keterlibatan pada berbagai program pembangunan pesantren terutama dalam pengelolaan ekonomi serta memberikan kewenangan kepada masyarakat pesantren secara proporsional dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberdayakan ketahanan ekonomi masyarakat, pesantren memiliki peran yang strategis dengan segala keunikan serta sumber daya yang dimilikinya, pesantren dapat menjadi jalan dalam memajukan perekonomian masyarakat. Harapannya, supaya masyarakat menjadi sejahtera melalui manajemen ekonomi pesantren dalam pemberdayaan perekonomian berbasis pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatatif. Pendekatan dengan metode ini dipilih karena peneliti menganggap sangat cocok dengan karakteristik masalah yang menjadi fokus penelitian, dengan objek penelitian dipondok pesantren dengan melakukan observasi dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Hasil penelitian ini adalah Pondok Pesantren Manba’ul Huda memiliki banyak sumber daya ekonomi yaitu : Digital Printing. Blkk Menjahit, Ternak Kambing, dan Air Minum Dalam Kemasan. Dalam mengelola sumber daya ekonomi tersebut, pondok pesantren melakukan fungsi-fungsi manajemen, diantaranya: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan dan evaluasi. Kata Kunci: Manajemen, Ekonomi Pesantren, Ketahanan Masyarakat

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:35
Last Modified: 03 Jun 2024 03:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item