Implikasi Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Dalam Berinteraksi Sosial Di Sekolah

I’im Nurhikmah, (2024) Implikasi Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Dalam Berinteraksi Sosial Di Sekolah. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (314kB)

Abstract

Pada dasarnya setiap orangtua akan berusaha mendidik anak-anaknya menjadi anak yang mempunyai akhlak mulia yang sesuai dengan ajaran agama Islam serta meneladani akhlak Nabi Muhamad SAW. Dalam hal ini memunculkan beragam cara yang dilakukan orangtua untuk memberikan didikan serta pola asuh terhadap anak yang berbeda-beda. Perbedaan pola asuh dalam mendidik biasanya dipengaruhi oleh faktor pengalaman yang pernah didapatkan semasa kecil ataupun pola asuh yang terbentuk dari pelatihan parenting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola asuh yang diberikan orangtua kepada anak. Mendeskripsikan kecerdasan emosional anak dalam berinteraksi sosial di sekolah, serta menganalisa implikasi pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak dalam berinteraksi sosial di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif yang dideskripsikan untuk mendapatkan data tentang implikasi pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak dalam berinteraksi sosial di sekolah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan studi dikomentasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi data berdasarkkan reduksi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pola asuh yang digunakann dalam mendidik anak sangat beragam, seperti pola asuh demokratis, pola asuh situasional, dan pola asuh otoriter, namun yang dominan diaplikasikan adalah pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis adalah sebuah pola yang mengajarkan anak untuk mandiri, namun masih dalam pengawasan orangtua. Orangtua memberikan ruang untuk anak berkembang sesuai dengan yang dinginkan, dari sinilah rasa percaya driri anak bisa tumbuh. Pola asuh orangtua akan berpengaruh pada kecerdasan emosional anak dalam tingkah lakunya baik dalam berinteraksi sosial ataupun dalam mengolah emosi, hal ini dapat dilihat ketika anak merespon suatu rangsangan yang dihadapinya. Kecerdasan emosional sejatinya bisa di latih, pola asuh yang diberikan sangat berpengaruh dalam kehidupan mendatang anak tersebut. Anak yang terlahir dari keluarga yang harominis dan menerapkan pola asuh demokratis, biasanya anak tersebut akan tumbuh menjadi anak yang mandiri, memiliki kepercayaan diri yang baik serta terbuka dengan orangtuanya. Kata Kunci: Pola Asuh, Kecerdasan Emosional, Interaksi Sosial

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:37
Last Modified: 03 Jun 2024 07:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13291

Actions (login required)

View Item View Item