Korelasi Antara Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Turnover Intention Guru Smk Ponpes Manba’ul ‘Ulum Cirebon

Ainur Rofiq, (2020) Korelasi Antara Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Turnover Intention Guru Smk Ponpes Manba’ul ‘Ulum Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (357kB)

Abstract

Turnover Intention adalah kecenderungan atau niat guru untuk berhenti bekerja dari sekolah pada dasarnya adalah sama dengan keinginan berpindah guru dari satu tempat kerja ke tempat kerja lainnya. Turnover Intention dapat menjadi masalah yang serius bagi sebuah organisasi atau lembaga pendidikan yaitu apabila guru yang keluar mempunyai skil atau keahlian yang bagus. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan antara budaya organisasi dengan turnover intention guru SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum Cirebon. (2) Untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan turnover intention guru SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum Cirebon. (3) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara budaya organisasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan turnover intention guru SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey korelasional. Variabel bebas dan terikat pada penelitian ini antara lain: Variabel bebas (independent variable) yaitu budaya organisasi (X1) dan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2), sedangkan variabel terikatnya (dependent variable) yaitu Turnover Intention Guru (Y). Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket yang disebar kepada para guru SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum Cirebon yang berjumlah 42 orang guru. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, dan uji regresi. Hasil penelitian berdasarkan perumusan masalah, tujuan dan hipotesis penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara budaya organisasi (X1) dengan turnover intention (Y). Angka korelasi yang dihasilkan sebesar 0,799, termasuk pada kategori hubungan yang kuat. (2) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) dengan turnover intention (Y). Angka korelasi yang dihasilkan sebesar 0,824 termasuk pada kategori hubungan yang kuat. (3) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara budaya organisasi (X1) dan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) dengan turnover intention (Y) sebesar 0,860, hal ini menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut mempunyai hubungan yang sangat kuat berada pada batasan tafsiran nilai R antara 0,80 - 1,000. Kata Kunci: Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Turnover Intention Guru.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis budaya lokal
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:28
Last Modified: 05 Jun 2024 08:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13298

Actions (login required)

View Item View Item