Anjar Ma'mun Habibi, (2024) Manajemen Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs NU Putra I Buntet Pesantren. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
Abstract
Manajemen supervisi kepala madrasah sangat berpengaruh untuk meningkatkan kinerja guru. Peningkatan kinerja guru untuk mencapai kinerja yang baik tentunya diperlukan pengelolaan yang baik dan terencana. kepala madrasah sebagai supervisor yang membina, melatih, mendidik, mengawasi, menilai dan memberikan contoh kinerja yang baik kepada seluruh anggota organisasinya. Supervisi yang efektif oleh kepala madrasah merupakan faktor kunci dalam mendorong peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NU Putra I Buntet pesantren, untuk mengetahui bagaimana dampak manajemen supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTS NU Putra I Buntet pesantren, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NU Putra I Buntet pesantren. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil penelitian yang diperloh dalam manajemen supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NU putra I Buntet pesantren telah merealisasikan empat fungsi manajemen supervisi yakini perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Dampak manajemen supervisi kepala madarasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NU putra I Buntet pesantren adalah dapat membantu guru untuk berkembang, dapat memperbaiki keterampilan guru dalam belajar mengajar seperti strategi, metode dan teknik pembelajaran guru, membantu guru untuk belajar bagaimana meningkatkan kualitas dan kemampuan agar siswa dapat mencapai tujuan belajar yang telah ditentukan. Faktor pendukung supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NU Putra I Buntet pesantren yakini terjalinnya silaturhmi yang baik, kesiapan mental guru dan komunikasi yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yakinii penyingkrongan jadwal kepala madrasah yang terkadang ada acara mendadaksedikitnya waktu yang dimiliki oleh kepala madrasah, masih adanya guru yang kurang kreatif dalam menn=ingkatkan kinerjanya dan memperhatikan pada aspek psikologi guru. Kunci : Manajeman, Supervisi, Kepala madrasah, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 02:27 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 02:27 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13310 |
Actions (login required)
View Item |