Pengaruh Keseimbangan Harga dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pasar Caplek Bode Lor

Diyanah Zulfa, (2024) Pengaruh Keseimbangan Harga dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pasar Caplek Bode Lor. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008204053_1_cover.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2008204053_2_bab1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
2008204053_6_bab5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2008204053_7_dafpus.pdf

Download (238kB)

Abstract

Pasar sebagai sarana pendukung bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dalam keberlangsungan hidupnya. Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli atas suatu barang atau jasa. Perkembangan pasar modern membuat sektor ekonomi mengalami perubahan yang signifikan. Namun hingga saat ini pasar tradisional masih banyak diminati oleh masyarakat. dalam mengimbangi kualitas pasar modern, maka pemerintah melakukan swakelola pasar melalui program revitalisasi pasar tradisional agar lebih menarik pengunjung. Seiring perkembangan ekonomi yang semakin meningkat, perilaku konsumen pun mengalami perubahan. Perubahan perilaku konsumen mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk cara belanja dan mengonsumsinya. Pengambilan keputusan pembelian dipengaruhi oleh berbagai faktor, sebelum melakukan pembelian konsumen biasanya sudah memiliki minat beli yang akan mendorong untuk melakukan pembelian. Ada dua faktor yang mempengaruhi minat pembelian konsumen yaitu harga dan lokasi. Kabupaten Cirebon memiliki 9 pasar yang terbagi di beberapa daerah salah satunya adalah Pasar Caplek Bode Lor. Pasar Caplek Bode Lor ini baru melakukan revitalisasi pada tahun 2023 menjadi pasar semi modern dengan desain yang unik bertemakan pasar bersih dan mengedepankan kenyamanan bagi para konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh keseimbangan harga dan lokasi terhadap minat beli konsumen di Pasar Caplek Bode Lor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang diolah berupa data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi secara langsung kepada responden. Terdapat 96 responden konsumen Pasar Caplek Bode Lor yang menjadi objek penelitian. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS versi 23 for windows, menunjukkan bahwa variabel keseimbangan harga (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen (Y), dengan nilai thitung > ttabel dan signifikansi < 0,05 yaitu sebesar 44,809 > 1,98525 dan nilai signifikansi menunjukkan nilai sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian variabel lokasi (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen (Y), dengan nilai thitung > ttabel dan signifikansi < 0,05 yaitu sebesar 62,951 > 1,98525 dan nilai signifikansi menunjukkan nilai sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya secara simultan, variabel keseimbangan harga (X1) dan lokasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) dengan nilai Fhitung > Ftabel dan signifikansi < 0,05 yaitu sebesar 71,519 > 3,09 dan nilai signifikansi menunjukkan nilai sebesar 0,000 < 0,05. Adapun besar pengaruh variabel keseimbangan harga (X1) dan lokasi (X2) terhadap minat beli konsumen (Y) di Pasar Caplek Bode Lor sebesar 0,598 atau 59,8%, sedangkan sisanya 40,2% dipengaruhi oleh varibel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Minat Beli Konsumen, Keseimbangan Harga, Lokasi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jun 2024 08:53
Last Modified: 11 Jun 2024 08:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13326

Actions (login required)

View Item View Item