IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN BREBES NOMOR 4 TAHUN 2023 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PERUMAHAN KUMUH DAN PERMUKIMAN KUMUH PERSPEKTIF FIQH SIYĀSAH DUSTŪRIYĀH” (Studi Kasus di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes)

Adhinda Dyah Sekar Faramitha, (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN BREBES NOMOR 4 TAHUN 2023 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PERUMAHAN KUMUH DAN PERMUKIMAN KUMUH PERSPEKTIF FIQH SIYĀSAH DUSTŪRIYĀH” (Studi Kasus di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes). Bachelor thesis, S1 Hukum Tata Negara Islam IAIN SNJ.

[img] Text
2008206021_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008206021_2_bab1.pdf

Download (904kB)
[img] Text
2008206021_6_bab5.pdf

Download (489kB)
[img] Text
2008206021_7_dafpus.pdf

Download (658kB)

Abstract

Dalam menangani permasalahan perumahan kumuh dan permukiman kumuh Kabupaten Brebes mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh. Yang menjadi pokok inti dari Peraturan Daerah ini adalah tentang bagaimana mencegah dan meningkatkan kualitas suatu perumahan atau permukiman. Pengawasan, pengendalian dan pemberdayaan masyarakat adalah proses yang ditujukan untuk memastikan bahwasanya Peraturan Daerah tersebut berjalan dengan baik atau sesuai dengan yang sudah direncanakan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana kriteria perumahan dan permukiman kumuh menurut Peraturan Daerah Kabupaten Brebes Nomor 4 Tahun 2023, Bagaimana implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2023 melalui pengawasan, pegendalian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, Bagaimana pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Brebes Nomor 4 Tahun 2023 di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes perspektif fiqih siyāsah dustūriyāh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan menggunakan teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Perumahan kumuh dan permukiman kumuh berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Brebes Nomor 4 Tahun 2023 dapat ditinjau melalui 7 aspek yang sudah ditentukan yaitu kondisi bangunan gedung, kondisi jalan lingkungan, penyediaan air minum, kondisi drainase lingkungan, pengelolaan persampahan, pengelolaan air limbah dan proteksi kebakaran. Kriteria ini digunakan sebagai acuan atau patokan dalam mengidentifikasi kawasan perumahan atau permukiman kumuh. Adapun untuk pelaksanaan pengawasan, pengendalian dan pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Losari sudah dilakukan dengan baik namun kurang optimal dikarenakan terdapat beberapa kendala, salah satunya adalah kurangnya pemahaman masyarakat terkait permasalahan perumahan atau permukiman kumuh. Kendala lainnya sesuai dengan yang di paparkan oleh pihak Kecamatan Losari adalah kurangnya dana operasional yang bisa menyentuh tingkat bawah. Peraturan Daerah ini menurut pandangan fiqih siyāsah dustūriyāh ditetapkan oleh kekuasaan legislatif yang kemudian dilaksanakan oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. Dinas tersebut bertanggung jawab atas pelaksanaan program atau kebijakan yang sudah ditentukan. Kata kunci : Peraturan Daerah, Perumahan dan Permukiman Kumuh, Kec. Losari

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:05
Last Modified: 12 Jun 2024 04:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13341

Actions (login required)

View Item View Item