Peran Dinas Perhubungan Kabupaten Subang Dalam Meningkatkan Efektivitas Masyarakat Di Dalam Mentaati Peraturan Lalu Lintas (Kajian Yuridis Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan)

Annalia Rosetianna, (2024) Peran Dinas Perhubungan Kabupaten Subang Dalam Meningkatkan Efektivitas Masyarakat Di Dalam Mentaati Peraturan Lalu Lintas (Kajian Yuridis Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan). Bachelor thesis, S1 Hukum Tata Negara Islam IAIN SNJ.

[img] Text
2008206057_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008206057_2_bab1.pdf

Download (766kB)
[img] Text
2008206057_6_bab5.pdf

Download (579kB)
[img] Text
2008206057_7_dafpus.pdf

Download (655kB)

Abstract

Transportasi di Indonesia semakin hari semakin maju, Mengingat pentingnya peranan lalu lintas dan angkutan umum yang menguasai jalan hidup orang banyak, angkutan salah satu alasan pemerintah mengeluarkan Undangundang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kesadaran hukum merupakan sikap yang harus ditanamkan pada seluruh warga negara sebagai rasa tanggung jawab terhadap kelancaran roda pembangunan. Saat ini pelanggaran lalu lintas semakin mengkhawatirkan. Banyak persoalan yang berkaitan dengan pelanggaran hukum, mulai dari pelanggaran ringan hingga berat, membangun masyarakat sadar hukum memerlukan upaya untuk mengetahui, memahami, mentaati dan menghormati hukum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan ? Apa saja faktor penghambat masyarakat dalam mentaati peraturan lalu lintas menurut dinas perhubungan kabupaten subang? Bagaimana pelaksanaan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan menurut siyasah dusturiyah ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis Normatif-Empiris yang merupakan penelitian hukum yang berbasis pada penelitian hukum yang bukan mengkaji mengenai sistem norma dalam peraturan perundang-undangan, namun mengamati reaksi dan interaksi yang terjadi ketika sistem norma itu bekerja atau diterapkan di dalam Masyarakat sebagai objek kajiannya. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan data kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kabupaten Subang sudah terlaksana dengan baik meskipun masih ada beberapa pengemudi yang melanggar aturan. Banyaknya kasus pelanggaran di jalan raya menunjukkan ketidak sadaran hukum berkendara masyarakat. Banyak orang masih berkendara dengan tidak tertib dan tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Dalam hal undang-undang, siyasah dusturiyah seharusnya mengacu pada nash dan prinsip jalb al-mashalih wa dar almafasid . Kata Kunci : Lalu Lintas, Kajian Yuridis, Angkutan Jalan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Jun 2024 00:53
Last Modified: 13 Jun 2024 00:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13348

Actions (login required)

View Item View Item