TINJAUAN YURIDIS DAN TEKNIS PENERBITAN AKTA KELAHIRAN ANAK DI LUAR PERKAWINAN YANG SAH (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan Jawa Barat)

Dini Nur Daniyah, (2024) TINJAUAN YURIDIS DAN TEKNIS PENERBITAN AKTA KELAHIRAN ANAK DI LUAR PERKAWINAN YANG SAH (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan Jawa Barat). Bachelor thesis, S1 Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah) IAIN SNJ.

[img] Text
2008201131_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008201131_2_bab1.pdf

Download (968kB)
[img] Text
2008201131_6_bab5.pdf

Download (560kB)
[img] Text
2008201131_7_dafpus.pdf

Download (800kB)

Abstract

Akta kelahiran merupakan suatu bukti otentik yang harus dimiliki oleh setiap anak, karena akta kelahiran menjadi bukti identitas diri seseorang dalam mendapatkan Hak-hak sipil dan keperdataan anak. Pencatatan perkawinan dalam hal ini sangat penting karena menjadi dasar diakuinya status seorang anak. Perkawinan yang tidak dicatatkan akan berimbas pada status anak yang dilahirkan dan juga dalam pembuatan akta kelahiran anak tentu akan sangat berbeda dengan pembuatan akta kelahiran anak sah pada umumnya. Dalam praktiknya terkadang penerbitan akta kelahiran anak diluar kawin berbeda dengan apa yang sudah ditentukan oleh Undang-Undang. Peneliti memiliki tujuan untuk mencari informasi terkait dengan penerbitan Akta Kelahiran Anak diluar perkawinan yang sah dan apakah terdapat kebijakan lain yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan dalam menerbitkan Akta Kelahiran anak diluar Kawin dan hal-hal terkait prosedur penerbitan nya ditinjau berdasarkan Undang-Undang, Peraturan Menteri dalam Negeri danPeraturan daerah. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun Penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif dan yuridis empiris dengan meninjau bahan hukum utama dengan cara menelaah teori-teori, konsep, asas hukum atau peraturan perundang-undangan serta mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum normatif secara langsung pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi di masyarakat. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam hal prosedur penerbitan akta Kelahiran Anak diluar kawin di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Kuningan dalam pelaksanaanya sudah sesuai dengan Undang-Undang, Peraturan Pemerintah dan Peraturan daerah,hanya saja yang membedakan Penerbitan akta kelahiran anak yang sah dengan penerbitan akta kelahiran anak diluar kawin adalah keharusan melampirkan surat nikah dari Kiyai dan mengisi Surat Pertangungjawaban Mutlak (SPTJM) yang dikeluarkan sebagai formulir kebenaran namun ada program baru yang diterbitkan oleh Bupati kabupaten Kuningan sebagai suatu kebijakan dalam menangani Pemerataan kepemilikan Akta Kelahiran anak. Hal tersebut ditetapkan dalam Keputusan Bupati Nomor:470/KPTS.282-DISDUKCAPIL/2021. Tentu jika dilihat secara hukum hal tersebuat sudah sesuai dengan UU No.1 tahun 1974, UU No. 24 tahun 2013 dan PERMENDAGRI No. 108 dan 109 tahun 2019. Kata Kunci : Perkawinan, Akta Kelahiran Anak, Penerbitan, Tinjauan Yuridis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:26
Last Modified: 13 Jun 2024 03:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13363

Actions (login required)

View Item View Item