Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Keagamaan Untuk Membentuk Perilaku Keagamaan Pada Siswa SMA Al-Azhar 5 Kota Cirebon

Irfran Hasanudin, (2024) Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Keagamaan Untuk Membentuk Perilaku Keagamaan Pada Siswa SMA Al-Azhar 5 Kota Cirebon. Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (598kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)

Abstract

Pengkaderan penerus bangsa demi mewujudkan generasi penerus yang mempunyai kwalitas tinggi demi menjawab tantang zaman di era society 5.0 membutuhkan gebrakan yang mempunyai tujuan lebih komprehensif dan mampu membentuk pribadi yang mampu memberikan keputusan secara cepat dan tepat. Salah satu program gebrakan dalam aspek pendidikan adanya perubahan kurikulum yang sering disebut dengan kurikulum merdeka dimana di dalamnya bertujuan untuk membentuk profil peserta didik dengan pembiasaan membaca Penelitian ini bertujuan untuk mengupas: 1) program gerakan budaya Literasi di SMA Al-Azhar 5 Kota Cirebon, 2) strategi guru pendidikan agama islam untuk meningkatkan literasi pendidikan pada SMA Al-Azhar 5 Kota Cirebon, dan 3) implikasi dari literasi pendidikan agama islam pada SMA Al-Azhar 5 Kota Cirebon terhadap terbentuknya Perilaku Keagamaan. Dalam prosesnya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh data yang valid atas tujuan penelitian dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan purposive sampling dengan aktivitas dalam analisis yakni kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan sedangkan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data, teman sejawat dan pengecekan berkala. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan diantaranya yakni: 1). Program gerakan literasi baca dan tulis berorinetasi pada pemenuhan kebutuhan peserta didik mengenai kemampuan membaca buku dan keadaan sehari-harinya, selain itu, peningkatan kompetensi lietrasi Agama berorientasi pada kegiatan literasi di sekolah menunjang peserta didik untuk dapat membiasakan dirinya dalam mencerna kejadian yang ada pada dirinya. Kegiatan literasi dibagi menjadi 3 tahapan yakni perencanaan, pengembangan dan pengajaran 2). Strategi guru pendidikan agama islam adalah mengcompare dalam pembelajaraan dan juga dalam kegiatan literasi pagi yang di dalamnya ada 6 dimensi dengan tujuan untuk ditumbuhkan dalam diri peserta didik sebagai hamba Allah yang berilmu. 3). Implikasi dari literasi pendidikan agama islam akhirnya mampu menunjang pembentukan 6 dimensi dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa. Kata Kunci: Pendidikan, Perilaku Keagamaan, Literasi

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:16
Last Modified: 25 Jun 2024 02:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13377

Actions (login required)

View Item View Item