ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERNIKAHAN DINI (Studi Kasus Masyarakat Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka)

BUNA SAID SAYYIDINA, (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERNIKAHAN DINI (Studi Kasus Masyarakat Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, S1-Hukum Keluarga Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008201024_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008201024_2_bab1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
2008201024_6_bab5.pdf

Download (75kB)
[img] Text
2008201024_7_dafpus.pdf

Download (89kB)

Abstract

Pernikahan dini merupakan sebuah permasalahan yang cukup masyhur terjadi di negara Indonesia, karena Indonesia masih sangat terpaut dengan budaya nenek moyang mereka, orang-orang Indonesia pada zaman dahulu tidak mengenal umur untuk melaksanakan pernikahan, ketika si laki-laki sudah mampu dan berkecukupan maka akan langsung mencari pasangan hidup. Penelitian ini dilatarbelakangi dari maraknya kasus pernikahan dini yang terjadi di Desa Argamukti. Penulis ingin mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan maraknya kasus pernikahan dini di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya pernikahan dini di Desa Argamukti, dan juga upaya apa saja yang pemerintah Desa lakukan untuk meminimalisir pernikahan dini yang terjadi di Desa Argamukti. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, juga dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik wawancara yang menjadi salah satu alat utama dalam penelitian ini, adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis sosiologis dan pendekatan pertukaran sosial, kemudian disimpulkan. Hasil temuan dari penelitian yang telah dilakukan di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya pernikahan dini di Desa Argamukti menunjukkan terdapat beberapa faktor, yaitu paham keagamaan, dorongan dari orang tua, keinginan individu, juga budaya yang masih melekat di kehidupan masyarakat Desa Argamukti. Adapun upaya pemerintah Desa Argamukti untuk meminimalisir terjadinya pernikahan dini di Desa Argamukti salah satunya yaitu dengan memberikan penyuluhan mengenai dampak dari pernikahan dini juga memberikan pengetahuan mengenai hal tersebut, pemerintah Desa juga membuat program kesehatan dan reproduksi supaya masyarakat lebih sadar akan hal tersebut, pemerintah Desa juga memberikan akses pendidikan agar mudah dijangkau karena hal ini merupakan tembok awal untuk meminimalisir pernikahan dini yang terjadi di Desa Argamukti. Kata Kunci : Pernikahan dini, faham keagamaan, orang tua, budaya, pemerintah Desa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:16
Last Modified: 25 Jun 2024 08:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13452

Actions (login required)

View Item View Item