Pengaruh Fitur Tiktokshop Terhadap Impulsive Buying (Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Riany Kencanawati, (2024) Pengaruh Fitur Tiktokshop Terhadap Impulsive Buying (Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1-Hukum Keluarga Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008204056_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008204056_2_bab1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
2008204056_6_bab5.pdf

Download (231kB)
[img] Text
2008204056_7_dafpus.pdf

Download (146kB)

Abstract

Indonesia adalah negara kedua pengguna aktif Tiktok terbesar didunia dengan jumlah 99,1 juta orang. Sekarang kemajuan teknologi semakin maju dengan pesat, berbelanja dapat dilakukan walaupun tanpa keluar rumah. Pada september 2021 tiktok kembali melakukan inovasi dengan menambahkan fitur tiktokshop, hal ini meningkatkan minat pengguna dalam berbelanja online dengan adanya flash sale, gratis ongkir, dan live streaming, konsumen memiliki beragam perilaku pembelian salah satunya adalah impulsive buying dengan berbelanja secara spontan tanpa memikirkan kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji apakah terdapat pengaruh flash sale, gratis ongkir, dan live streaming yang disediakan tiktokshop terhadap impulsive buying pada pengguna aplikasi tiktokshop pada mahasiswa IAIN Syekh Nurjati. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon terdiri dari 5 fakultas. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan jumlah sampel yaitu Taro Yamane dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden, serta Cluster Sampling digunakan untuk menentukan jumlah masing-masing sampel berdasarkan jurusan. Penentuan kriteria responden menggunakan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel flash Sale memiliki nilai signifikansi 0.000 < 0.05 artinya flash sale berpengaruh positif signifikan terhadap impulsive buying, variabel gratis ongkir memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya gratis ongkir berpengaruh positif signifikan terhadap impulsive buying, dan variabel live streaming memiliki nilai signifikansi 0.003 < 0,05 artinya live streaming berpengaruh positif signifikan terhadap impulsive buying serta simultan nilai signifikansi 0.000 < 0,05 artinya bahwa flash sale, gratis ongkir dan live streaming secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap impulsive buying di aplikasi tiktokshop pada mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kata Kunci: Flash Sale, Gratis Ongkir, Live Streaming, Impulsive Buying

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:50
Last Modified: 26 Jun 2024 01:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13462

Actions (login required)

View Item View Item