Kegiatan Hafalan Al-Qur’an dan Shalat Dhuha Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa SMK Muhammadiyah Desa Ujungrusi Kec. Adiwerna Kab. Tega

Ali Ridho, (2024) Kegiatan Hafalan Al-Qur’an dan Shalat Dhuha Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa SMK Muhammadiyah Desa Ujungrusi Kec. Adiwerna Kab. Tega. Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (729kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (436kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (633kB)

Abstract

Karakter religius remaja terbentuk dari pengaruh lingkungan dan pendidikannya, sikap keagamaan yang mencerminkan manusia yang berhati mulia bisa dibentuk dengan baik dengan berbagai upaya.Usaha untuk membentuk karakter keagamaan pada remaja butuh usaha yang begitu maksimal untuk bisa mewujudkan pribadi yang memiliki akhlak yang mulia. Fenomena kenakalan remaja usia sekolah menengah atasbegitu memprihatinkan dengan berbagai bentuk kenakalan remaja dari tawuran, pembulian, remaja yang sulit diatur dan sosok remaja yang malas beribadah. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Adiwerna yang memberikan pembiasaan berupa shalat dhuha dan hafalan Al-Qur’an guna menanamkankarakter religius pada siswanya guna menjadi sosok yang memiliki sikap keagamaan yang baik dan budi pekerti yang baik.Kegiatan ini dilakukan dipagi hari di SMK Muhammadiyah sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif naratif dengan melakukan observasi di sekolah, wawancara terhadap kepala sekolah, guru, dan karyawan sekolah guna mendapatkan data yang akurat.Penelitian ini juga dilengkapi dengan mendokumentasikan kegiatan pembelajaran tersebut untuk dikaji lebih lanjut. Peneliti juga melakukan reduksi data terhadap temuan yang didapatkan di lokasi penelitian serta melakukan kajian pustaka tentang tema yang sedang diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk 1)Menarasikan pelaksanaan program hafalan Al�Qur’an di SMK Muhammadiyah Adiwerna, 2)Menarasikan pelaksanaan shalat dhuha di SMK Muhammadiyah Adiwerna, 3)Menarasikan efektifitas pelaksanaan program hafalan Al-Qur’an dan shalat dhuha dalam penanaman karakter religius siswa di SMK Muhammadiyah Adiwerna-Tegal. Berdasarkan penelitian ini, dihasilkan sebuah fakta bahwa : 1)Kegiatan hafalan Al-Qur’andilakukan setiap hari selasa dan rabu sebelum pembelajaran di kelas dengan cara siswa menyetorkan hafalannya kepada tutor masing-masing sesuai kelompoknya, 2)Pembiasaan shalat dhuha dilakukan dengan berjamaah yang dipimpin oleh kepala sekolah atau guru agama, setelah shalat dhuha berjama’ah dilanjutkan dengan membaca wirid dan doa, 3) Karakter religius terlihat dari perubahan sikap siswa yang semakin baik dan disiplin dalam belajar, hal tersebut juga terlihat pada catatan perkembangan psikologi siswa lewat rapot hasil belajar siswa yang menunjukkan perubahan sikap baik. Kata Kunci : Hafalan Al-Qur’an, shalat dhuha, karakter religius.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:43
Last Modified: 11 Jul 2024 02:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13539

Actions (login required)

View Item View Item