PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Kania Roscaeni, (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah.

[img] Text
2008205062_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008205062_2_bab1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
2008205062_6_bab5.pdf

Download (113kB)
[img] Text
2008205062_7_dafpus.pdf

Download (278kB)

Abstract

Hadirnya internet di era globalisasi sekarang ini semakin memudahkan kegiatan transaksi dalam jual beli, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk melakukan pembelian dengan mudah. Perkembangan teknologi menggeser kegiatan jual beli konvensional menjadi online. Pengguna e-commerce dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan yang cukup banyak dan deengan adanya hal tersebut terkadang membuat mereka menjadi pribadi yang cenderung melakukan pembelian secara impulsif, bukan hanya masyarakat dewasa dan orang tua yang melakukan pembelian secara impulsif namun perilaku impulsive buying juga terjadi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, jika perilaku tersebut terus menerus dilakukan maka akan menimbulkan sifat boros yang akan berdampak buruk bagi kondisi keuangan mereka, oleh karenanya pengetahuan tentang keuangan sangat penting bagi generasi mereka. Serta interaksi dengan teman sebaya yang sering dilakukan juga dapat mempengaruhi mereka dalam melakukan pembelian secara impulsif, karena mereka akan merasa diaku dalam lingkup pertemanan mereka jika mereka melakukan suatu perbuatan atau perilaku yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari literasi keuangan dan teman sebaya terhadap perilaku impulsive buying melalui sistem e-commerce pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dan data ynng dikumpulkan dengan cara menyebar kuisioner kepada para responden dengan teknik sampel yang digunakan yaitu random sampling sebanyak 120 mahasiswa dari 4 jurusan yang ada di fakultas tersebut dengan masing masing jurusan diambil sampel sebanyak 30 mahasiswa. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu bahwa tidak terdapat pengaruh antara variabel literasi keuangan terhadap perilaku impulsive buying, ini mengartikan bahwa seseorang yang mempunyai pengetahuan mengenai keuangan tidak akan menjamin bahwa orang tersebut mempunyai sikap impulsif yang baik, begitupun sebaliknya, banyak faktor lain yang bisa menyebabkan mereka lebih memilih sikap tersebut. Serta terdapat pengaruh antara variabel teman sebaya terhadap perilaku impulsive buying, mengartikan bahwa semakin sering mereka melakukan interaksi yang dilakukan dalam suatu kelompok atau teman, maka semakin berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif mereka melalui informasi yang diterima dari temannya. Dan terdapat pengaruh secara simultan antara variabel literasi keuangan dan variabel teman sebaya terhadap perilaku impulsive buying. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Teman Sebaya, Perilaku Impulsive Buying, ECommerce

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:18
Last Modified: 22 Jul 2024 04:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13620

Actions (login required)

View Item View Item