Implementasi Kepemimpinan Kepala MadrasahnUntuk Meningkatkan Mutu Pendidikan (studi Kasus Di Mi Salafiyatul Huda 2 Kota Cirebon)

ABDUL MUGIS, (2021) Implementasi Kepemimpinan Kepala MadrasahnUntuk Meningkatkan Mutu Pendidikan (studi Kasus Di Mi Salafiyatul Huda 2 Kota Cirebon). Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
AWAL HALAMAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (28kB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan isu yang menarik untuk dikaji dan diperbincangkan hingga saat ini, memilih gaya kepemimpinan yang tepat dapan memberikan dampak mutu pendidikan. Berdasarkan studi pendahuluan di MI Salafiyatul Huda 2 Kota Cirebon bagaimana kepala madrasah sebagai pemimpin dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan, dan setrategi apa yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Salafiyatul Huda 2 Kota Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah MI salafiyatul Huda 2 Kota Cirebon; 2) Bagaimana implementasi kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan MI Salafiyatul Huda 2 Kota Cirebon; 3) Bagaimana dampak Implementasi kepala madrsah terhadap mutu pendidikan di MI Salafiyautul Huda 2 kota Cirebon. Teori penelitian ini menggunakan tipologi kepemimpinan kepala madrasah yang meliputi otokratik, Laisesez Fair, dan Demokrasi. Serta bagaimana implementasi kepemimpinan kepala madrasah yang meliputi edukator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator yang dapat berdampak pada mutu pendidikan yang dapat di lihat pada hasil Akhir Pendidikan, Proses Pendidikan, Raw Input Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, bagian kurikulum, guru dan TU. Bertempat penelitian dilakukan di MI Salafiyatul Huda 2 Kota Cirebon. Adapun metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validasi/keabsahan dengan menggunakan tringulasi. Teknik analisis data dengan cara interaktif dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, lalu penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam memimpin lebih cenderung tipe pemimpin demokratis, dimana selalu berusaha menstimulasi anggota-anggotanya agar bekerja secara kooperatif untuk mencapai tujuan bersama dalam proses pembelajaran, terlihat juga kepala madrasah MI Salafiyatul Huda 2 Kota Cirebon juga berperan sebagai edukator, manager, administrator, Supervisor, leader, innovator, dan motivator. Adapun kendala yang dihadapai oleh kepala madrasah menunjukan bahwa: (1) Belum sepenuhnya mendapatkan dukungan dari beberapa guru dan staf yang lain; (2) Bimbingan dan arahan seringkali tidak konsekuen dalam membuat tindak lanjut kegiatan; (3) Kurangnya memanfaatkan sarana prasarana, baik yang berupa fasilitas gedung, peralatan, alat peraga pembelajaran dan buku perpustakaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:19
Last Modified: 22 Jul 2024 06:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13624

Actions (login required)

View Item View Item