PERAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN KOTA CIREBON DALAM MEMBERIKAN JAMINAN PERLINDUNGAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) BAGI KARYAWAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL", 2024.

ANNISA NURJANAH, (2024) PERAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN KOTA CIREBON DALAM MEMBERIKAN JAMINAN PERLINDUNGAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) BAGI KARYAWAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL", 2024. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah.

[img] Text
2008202075_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008202075_2_bab1.pdf

Download (674kB)
[img] Text
2008202075_6_bab5.pdf

Download (492kB)
[img] Text
2008202075_7_dafpus.pdf

Download (587kB)

Abstract

Kecelakaan kerja adalah peristiwa yang tidak dapat diduga sebelumnya dan senantiasa dihindari atau diminimalisirkan dampaknya. Oleh karena itu, sangat diperlukannya perlindungan bagi tenaga kerja melalui program jaminan ketenagakerjaan. Berdasarkan laporan tahunan BPJS Ketenagakerjaan selama 3 (tiga) tahun terakhir jumlah kecelakaan kerja di Jawa Barat mengalami peningkatan sehingga merugikan para tenaga kerja. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran BPJS Ketenagakerjaan Kota Cirebon dalam memberikan jaminan perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh BPJS Ketenagakerjaan Kota Cirebon dalam memberikan jaminan perlindungan K3 bagi para karyawan beserta solusinya, dan untuk mengetahui peran BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pustaka dan lapangan serta menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah peran BPJS Ketenagakerjaan yaitu : pertama, BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan sosial secara menyeluruh kepada pekerja yang mengalami kecelakaan kerja maupun gangguan kesehatan penyakit akibat kerja hingga sembuh total dan memberikan sanksi bagi setiap perusahaan yang tidak menaati peraturan perundang-undangan tentang jaminan sosial tenaga kerja. Kedua, dalam menjalankan perannya BPJS Ketenagakerjaan mengalami banyak kendala sehingga menghambat kinerja pegawai dalam memberikan jaminan sosial. Ketiga, Selama ini BPJS Ketenagakerjaan sudah menjalani tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Namun tetap masih ada saja pelaku usaha yang tidak menaati peraturan tersebut. Kata Kunci : Kecelakaan Kerja, Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:34
Last Modified: 29 Jul 2024 04:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item