PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 CIBINGBIN

DEWI FITRIYANDANI, (2024) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 CIBINGBIN. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306058_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008306058_2_bab1.pdf

Download (659kB)
[img] Text
2008306058_6_bab5.pdf

Download (288kB)
[img] Text
2008306058_7_dafpus.pdf

Download (295kB)

Abstract

Dalam mengatasi kenakalan peserta didik tentunya dibutuhkan guru bimbingan dan konseling adapun yang dimaksud guru bibingan dan konseling adalah guru penyuluh atau guru bimbingan dan konseling adalah seorang guru bidang studi yang telah mendapat pendidikan formal sebagai tenaga bimbingan, di samping tetap menjadi tenaga pengajar dia juga berkedudukan sebagai tenaga bimbingan dan bertugas memberi pelayanan Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Cibingbin, 2) mengetahui faktor penyebab terjadinya kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Cibingbin, 3) menjelaskan peran guru bimbingan dan konseling dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Cibingbin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini: wawancara, observasi terstuktur, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: reduksi data (data reduction), paparan data (data display), penariakan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing veryfying). Untuk mengambil responden dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling di mana penelitian ini mengambil 6 responden untuk diwawancari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) proses pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Cibingbin dengan menggunakan langkah-langkah: mengidentifikasi permasalaan, pemanggilan peserta didik ke ruang bimbingan dan konseling untuk diberikan layanan bimbingan individu atau kelompok, pemanggilan orang tua, home visit, membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi pelanggaran lagi dan tindak lanjut perubahan sikap peserta didik, 2) faktor penyebab terjadinya kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Cibingbin yaitu terjadi karena faktor internal dan eksternal, 3) peran guru bimbingan dan konseling dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Cibingbin yaitu: preventif, kuratif, represif, informator, motivator, director, dan transmitter.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:06
Last Modified: 01 Aug 2024 03:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13805

Actions (login required)

View Item View Item