ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PAGU ANGGARAN TERHADAP REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) PEMERINTAH KOTA / KABUPATEN DI PROVINSI JAWA BARAT PERIODE 2020 – 2021” 2024.

RITA FEBRIANTI, (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PAGU ANGGARAN TERHADAP REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) PEMERINTAH KOTA / KABUPATEN DI PROVINSI JAWA BARAT PERIODE 2020 – 2021” 2024. Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah IAIN Shekh Nurjati.

[img] Text
2008205008_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008205008_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008205008_6_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008205008_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses globalisasi yang sedang berlangsung telah memperkenalkan keahlian pasar modal ke Indonesia, sehingga mengharuskan Indonesia untuk meningkatkan kemandirian dan daya saing, khususnya dalam bidang ekonomi. Oleh karena itu, menjadi penting bagi pemerintah daerah untuk mendorong pertumbuhan daerah, sehingga mendorong kesejahteraan masyarakatnya. Namun pada kenyataannya, upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif menghadapi banyak kendala di masyarakat, baik yang disebabkan oleh rendahnya transparansi pemerintahan maupun maraknya informasi dan kekhawatiran terkait Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), sehingga menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan bahwa setidaknya ada 8 (delapan) jenis korupsi yang dilakukan kepala daerah dan modus yang paling banyak dilakukan adalah penyalahgunaan APBD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar tingkat efektifitas dan efisiensi pagu anggaran terhadap realisasi anggaran APBD pemerintah Daerah di Provinsi Jawa Barat. Objek dalam penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Kota / Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu pagu anggaran dan laporan realisasi anggaran APBD yang diperoleh dari website resmi DJPK (Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52 Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Metode analisis data yang digunakan adalah metode rasio / perbandingan yakni rasio efektivitas dan rasio perbandingan efisiensi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata – rata efektivitas kinerja keuangan Pemerintah Daerah Kota / Kabupaten di Provinsi Jawa Barat pada masa pandemi dan pasca pandemi mencapai kategori sangat efektif dengan nilai efektivitas sebesar 106% dan 236%. Sedangkan nilai rata – rata efisiensi kinerja keuangan Pemerintah Daerah Kota / Kabupaten di Provinsi Jawa Barat pada masa pandemi sebesar 99% dengan kriteria kurang efisien dan pasca pandemi sebesar 102% dengan kriteria tidak efisien. Dapat disimpulkan bahwa nilai efektivitas APBD Pemerintah Daerah di Provinsi Jawa Barat mengalami kenaikan yang signifikan, sehingga membuat nilai efektivitasnya semakin meningkat. Sedangkan nilai efisiensi APBD nya mengalami penurun yang signifikan dari yang semula mencapai kategori kurang efisien menjadi tidak efisien. Kata Kunci: Rasio Efektivitas, Rasio Efisiensi, Kinerja Keuangan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:47
Last Modified: 01 Aug 2024 06:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13840

Actions (login required)

View Item View Item