PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA OTORITER TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA

SHINTA NURAWALIAH SEPTIANTI, (2024) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA OTORITER TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306114_1_cover.pdf

Download (532kB)
[img] Text
2008306114_2_bab1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
2008306114_6_bab5.pdf

Download (65kB)
[img] Text
2008306114_7_dafpus.pdf

Download (137kB)

Abstract

Peserta didik merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk kepada individu atau kelompok orang yang sedang belajar atau mengikuti suatu pendidikan, baik di sekolah, perguruan tinggi, atau institusi pendidikan lainnya. Peserta didik sering kali terlihat kurang memiliki keterampilan sosial dan kurangnya motivasi intrinsik dalam belajar yang disebabkan oleh keras nya pola pengasuhan yang di terapkan oleh orang tua atau biasa disebut dengan pola asuh otoriter. Orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter cenderung memiliki aturan yang ketat, serta menetapkan aturan dan harapan tanpa memberikan ruang untuk diskusi atau negosiasi dengan anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap kesejahteraan psikologis peserta didik di SMP Negeri 3 Lemahsugih Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif metode asosiatif dan desain penelitian hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 36 orang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang peserta didik di SMP Negeri 3 Lemahsugih Kabupaten Majalengka yang berusia 14-16 tahun. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan menggunakan skala pola asuh otoriter dan skala kesejahteraan psikologis. Tahapan teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Regresi Linear Sederhana, dan Uji Koefesien Determinasi. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat pola asuh otoriter pada peserta didik berada pada kategori tinggi dengan tingkat ketercapaian sebesar 64,35. Begitupun dengan tingkat kesejahteraan psikologis berada pada kategori rendah dengan tingkat ketercapaian sebesar 51,69. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan koefesien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan dalam pengujian hipotesis didapatkan nilai korelasi sebesar -0,660 dan koefesien determinasi sebesar 0,165 yang berarti bahwa pengaruh pola asuh otoriter terhadap kesejahteraan psikologis sebesar 16,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa diterima dan ditolak, artinya terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua otoriter terhadap kesejahteraan psikologis pada peserta didik di SMP Negeri 3 Lemahsugih Kabupaten Majalengka.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:00
Last Modified: 01 Aug 2024 08:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13859

Actions (login required)

View Item View Item