BIMBINGAN SPIRITUAL DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER ISLAMI PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYYAH PLUS BAITUL IZZAH WERU CIREBON

NUR MILLATI IBROHIM, (2024) BIMBINGAN SPIRITUAL DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER ISLAMI PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYYAH PLUS BAITUL IZZAH WERU CIREBON. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
2008306160_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008306160_2_bab1.pdf

Download (586kB)
[img] Text
2008306160_6_bab5.pdf

Download (322kB)
[img] Text
2008306160_7_dafpus.pdf

Download (499kB)

Abstract

Degradasi moral menjadi persoalan yang memprihatinkan, peserta didik sering berbicara kotor, suka mengumpat, kurang memiliki sikap sopan, patuh terhadap orang tua dan guru, adanya Pendidikan karakter pada masa sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyyah membantu peserta didik merubah perilaku buruk dan peserta didik memiliki karakter Islami (akhlak baik) yang membawanya hingga dewasa nanti. Mengingat pentingnya karakter Islami pada masa sekolah dasar atau madarasah ibtidaiyyah, diperlukannya bimbingan spiritual yang dapat menambahkan pengembangan karakter Islami pada peserta didik. Bimbingan spiritual ini dilakukan di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pengembangan karakter Islami pada peserta didik, untuk mengetahui bentuk-bentuk bimbingan spiritual, untuk mengetahui manfaat bimbingan spiritual islami dalam pengembangan karakter islami pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyyah Plus Baitul Izzah Weru Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada tiga yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles & Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan spiritual dalam pengembangan karakter Islami pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyyah Plus Baitul Izzah (1) pengembangan karakter Islami pada peserta didik dianggap sangat penting karena dapat merubah sikap dan sifat menjadi lebih baik serta memudahkan penanaman akhlak yang baik sejak dini (2) bentuk bimbingan spiritual yang diterapkan meliputi sholawat nabi, doa sebelum belajar, murojaah hafalan-hafalan surat pendek, pemberian nasihat atau kisah-kisah nabi dan rasul (3) bimbingan spiritual memberikan manfaat yang signifikan dalam perubahan perilaku peserta didik menjadi lebih baik, pembentukan kebiasaan beribadah sejak dini dan pemahaman akan kewajiban beribadah kepada Tuhan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:43
Last Modified: 01 Aug 2024 08:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13866

Actions (login required)

View Item View Item