PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA SIKAP SOPAN SANTUN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) PERSATUAN UMAT ISLAM (PUI) CIWEDUS TIMBANG

INE SENTIAWATY, (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA SIKAP SOPAN SANTUN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) PERSATUAN UMAT ISLAM (PUI) CIWEDUS TIMBANG. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908101128_1_cover.pdf

Download (935kB)
[img] Text
1908101128_2_bab1.pdf

Download (573kB)
[img] Text
1908101128_6_bab5.pdf

Download (222kB)
[img] Text
1908101128_7_dafpus.pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak sedikitnya siswa pada zaman sekarang yang melupakan sopan santun seperti bertutur kata yang tidak sopan, tidak menghormati orang lain dan lain sebagainya. Oleh sebab itu perlu adanya usaha dari semua pihak yang bersangkutan seperti orang tua ataupun sekolah sebagai lembaga pendidikan. Pada skripsi ini penulis membahas mengenai pembinaan sikap sopan santun siswa yang nantinya diharapkan dapat menumbuhkan bahkan meningkatkan sikap sopan santun siswa. Peran guru adalah terciptanya serangkaian tingkah yang saling berkaitan yang dilakukan dalam situasi tertentu serta berhubungan dengan kemajuan tingkah laku dan perkembangan siswa yang menjadi tujuannya. Sopan santun merupakan suatu sikap yang baik dalam berbudi bahasa maupun bertingkah laku atau tata krama dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap sopan santun siswa di SMA PUI Ciwedus Timbang, untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina sikap sopan santun siswa di SMA PUI Ciwedus Timbang, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pembinaan sikap sopan santun siswa di SMA PUI Ciwedus Timbang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan sifat penelitian berupa deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer berupa hasil wawancara dengan narasumber serta observasi, dan sumber data sekunder berupa buku atau dokumen untuk mendukung informasi dari data primer. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik penjamin keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh, yakni: 1) Guru Pendidikan Agama Islam senantiasa melakukan perannya dengan baik dalam membina sikap sopan santun siswa yakni sebagai pendidik, pengajar, model dan teladan serta penasehat. 2) Siswa senantiasa berperilaku sopan santun berupa ramah dan sopan kepada siapa saja, menghormati orang yang lebih tua, serta bersikap salam, senyum dan sapa. Adapun terkait berkata kotor dan kasar masih ada siswa yang masih berkata kotor dan kasar. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembinaan sikap sopan santun siswa di SMA PUI Ciwedus Timbang adalah faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Kata Kunci: Sikap Sopan Santun, Siswa, Peran Guru

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:14
Last Modified: 05 Aug 2024 03:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13885

Actions (login required)

View Item View Item