DELLA DWI SAFITRI, (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBINAAN PERILAKU SOPAN SANTUN TERHADAP PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN ROHIS DI SMP NEGERI 2 PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Shekh Nurjati.
Text
1908101248_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
1908101248_2_bab1.pdf Download (610kB) |
|
Text
1908101248_6_bab5.pdf Download (592kB) |
|
Text
1908101248_7_dafpus.pdf Download (653kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi di lingkungan sekolah, dengan adanya perilaku peserta didik masih ada yang tidak mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Rohis seperti peringatan hari besar Islam (PHBI), pesantren kilat, shalat dhuha dan shalat berjamaah hal ini dikarenakan kesadaran peserta didik masih kurang baik. Sehingga perlu diadakan pembinaan dan arahan dari guru PAI, dimana pembelajaran agama Islam menyangkut dengan bagaimana cara berperilaku yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembinaan perilaku sopan santun peserta didik di SMP Negeri 2 Pancalang, untuk mengetahui peran guru PAI dalam menghidupkan kegiatan rohis di SMP Negeri 2 Pancalang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan sopan santun pada kegiatan rohis di SMP Negeri 2 Pancalang. Peran guru adalah sebagai bentuk keikutsertaan guru dalam mengajar dan mendidik peserta didik untuk tercapainya tujuan belajar, sedangkan sopan santun adalah sikap dan perilaku yang tertib sesuai dengan adat istiadat atau norma-norma yang berlaku di masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif merupakan penelitian yang didasarkan pada pengumpulan, analisis, dan interpretasi data berbentuk narasi serta visual, dan instrumen pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran penting sebagai pembimbing dalam pembinaan perilaku sopan santun pada peserta didik dalam kegiatan rohis dengan memberikan contoh teladan yang baik seperti bagaimana cara sopan santun yang baik ketika bertemu dengan guru, bersalaman dengan guru, serta etika berbicara dengan guru agar peserta didik dapat mengaplikasikan perilaku sopan santun dalam berbagai situasi kehidupan. Selain itu, peran guru PAI juga sebagai fasilitator dalam meningkatkan pemahaman agama, dan menanamkannya kepada peserta didik melalui pembiasaan disekolah. Sehingga, dapat membentuk karakter dan kepribadian peserta didik dalam pembinaan perilaku sopan santun pada kegiatan rohis dapat diterapkan melalui berbagai aktivitas, seperti pengajian, doa bersama, pembacaan Al-Qur’an, dan kegiatan amal sosial. Dengan demikian, peran guru PAI berkontribusi signifikan dalam membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Kegiatan Rohis, Sopan-santun
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:41 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13944 |
Actions (login required)
View Item |