PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL TOUR 360 PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP SISWA TUNARUNGU

REZZA TRIE KUSDAYATI, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL TOUR 360 PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP SISWA TUNARUNGU. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008105005_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008105005_2_bab1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
2008105005_6_bab5.pdf

Download (162kB)
[img] Text
2008105005_7_dafpus.pdf

Download (250kB)

Abstract

Sebagian besar siswa menganggap matematika sulit, terutama bagi siswa tunarungu yang mengalami masalah pada pendengaran. Dalam hal ini, materi matematika yang sulit bagi mereka adalah materi bangun ruang, karena bangun ruang melibatkan konsep abstrak yang sulit dipahami secara visual. Oleh karena itu, untuk mengajar matematika yang bersifat abstrak dengan mudah bagi siswa tunarungu, diperlukan media visual. Salah satu media visual yang bisa digunakan pada siswa tunarungu adalah Virtual Tour 360. Virtual Tour merupakan sebuah proses replikasi tempat yang menggabungkan beberapa gambar menjadi foto panorama 360 derajat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis Virtual Tour 360 pada materi bangun ruang terhadap siswa tunarungu, dan untuk mengetahui respon siswa tunarungu terhadap penggunaaan media pembelajaran Virtual Tour 360 pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian di dapatkan sebagai berikut: Tahap Analysis, pada tahap ini terdapat dua proses analisis yang dilakukan, yakni (1) Analisis Kebutuhan, diperlukannya media yang berbasis visual agar siswa tunarungu dapat lebih mudah memahami materi. (2) Analisis Kurikulum, analisis KI, KD, dan IPK yang akan digunakan dalam pembuatan media pembelajaran. Tahap Design, pada tahap ini pembuatan desain storyboard media pembelajaran yang akan dibuat. Tahap Development, pada tahap ini terdapat dua proses, yaitu (1) Pembuatan Media Pembelajaran, proses pembuatan media dibuat sesuai dengan storyboard yang telah dibuat sebelumnya. (2) Validasi dan Revisi Media, penilaian media dengan melakukan validasi kepada ahli media dan ahli materi, selain itu, revisi berisi saran dan masukan yang diberikan oleh para ahli. Dimana hasil validasi yang diberikan oleh para ahli terhadap media virtual tour 360 adalah “Sangat layak”. Adapun hasil validasi ahli media dengan persentase 90%, dan validasi ahli materi dengan persentase 98,3%. Tahap Implementation, hasil respon yang diberikan oleh siswa dan guru matematika terhadap penggunaa media pembelajaran virtual tour 360 adalah “Sangat Baik”. Adapun penilaian yang diberikan siswa dengan persentase 95,83%, dan penilaian guru matematika dengan persentase 98,08%. Tahap Evaluation, menggunakan evaluasi formatif, dimana hasil dari tahap analysis, design, dan development sudah baik dan sesuai dengan masukan serta saran dari para validator. Kemudian pada hasil implementasi terlihat dari skor angket yang menunjukkan respon "Sangat Baik" dari siswa dan guru. Artinya media virtual tour 360 yang dikembangkan Sangat Layak dijadikan sebagai media pembelajaran, serta respon yang diberikan oleh siswa dan guru matematika adalah Sangat Baik. Kata kunci: Media Pembelajaran, Virtual Tour 360, Bangun Ruang, Siswa Tunarungu

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:45
Last Modified: 06 Aug 2024 04:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13972

Actions (login required)

View Item View Item