PENGEMBANGAN LKPD DENGAN BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA

SINTA KURNIASARI, (2024) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008105009_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008105009_2_bab1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
2008105009_6_bab5.pdf

Download (105kB)
[img] Text
2008105009_7_dafpus.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD dengan berbantuan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), mengetahui kelayakan LKPD dengan berbantuan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), mengetahui respon siswa terhadap LKPD dengan berbantuan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), dan menilai apakah pengembangan LKPD dengan berbantuan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk yaitu mengembangkan LKPD. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar angket validasi ahli (media, materi, dan bahasa), lembar angket respon siswa, lembar angket minat belajar siswa, dan observasi lembar keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Salafiyah Kota Cirebon dengan melibatkan 24 siswa kelas VIII B. Hasil dari penelitian ini adalah LKPD dengan berbantuan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dinyatakan layak berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan persentase kelayakan secara berturut-turut sebesar 98,6% (sangat layak), 93,3% (sangat layak), dan 92,5% (sangat layak). Bahan ajar LKPD dengan berbantuan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) mendapatkan respon yang sangat baik oleh siswa dengan persentase rata-rata 97% (sangat baik). Serta terdapat peningkatan minat belajar siswa berdasarkan skor N-gain sebesar 0,92 dengan interpretasi terdapat peningkatan pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, maka bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Teams Games Tournament (TGT), Minat siswa, Teorema Pythagoras.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Aug 2024 01:41
Last Modified: 07 Aug 2024 01:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item