BERLIA SYELVIANA, (2024) MODAL SOSIAL DALAM KEBERTAHANAN KELOMPOK USAHA BATIK KANCI. Bachelor thesis, S1- PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM.
Text
2008305055_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008305055_2_bab1.pdf Download (656kB) |
|
Text
2008305055_6_bab5.pdf Download (338kB) |
|
Text
2008305055_7_dafpus.pdf Download (666kB) |
Abstract
Kelompok Batik Kanci ini secara resmi berdiri sejak 13 Januari 2017. Kelompok batik Kanci mampu bertahan dari banyaknya tantangan yang melanda ditengah usaha batik. Dengan munculnya masalah diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kelompok batik Kanci, bentuk-bentuk modal sosial dalam kelompok usaha batik Kanci , dan mengetahui modal sosial mendukung kebertahanan kelompok usaha batik Kanci. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, rekaman arsip, wawancara, dan observasi langsung. Adapun teknik analisis data yaitu penjodohan pola, pembuatan explanasi, dan analisis deret waktu. Teknik validasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan waktu. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Karakteristik kelompok batik Kanci memiliki 4 unsur yaitu, seluruh anggota pasti melakukan kegiatan membatik semua, namun ketika ada kegiatan diluar dari membatik itu anggota pasif tidak mengikuti kegiatan tersebut, kelompok batik Kanci memiliki 2 jenis anggota yaitu aktif dan pasif, pendanaan modal dalam kelompok batik Kanci diberikan oleh perusahaan setempat, pengalaman anggota menjadi keuntungan tersendiri dalam kelompok tersebut. 2) Bentuk-bentuk modal sosial dalam kelompok batik Kanci yaitu jaringan sosial dengan melakukan kegiatan pelatihan bersama mahasiswa UNSWAGATI, kemudian norma dalam kelompok batik Kanci ini tidak memiliki aturan tertulis, terakhir kepercayaan yang terdapat dalam kelompok batik Kanci ini yaitu rasa kepercayaan antara konsumen dengan anggota kelompok batik Kanci. 3) Modal sosial mendukung kebertahanan kelompok dengan cara membangun jaringan komunikasi yang baik antar kelompok dengan tujuan melindungi anggota kelompok dari berbagai tantangan. Melakukan investasi sosial dengan cara berkontribusi pemasaran di Cafe Kopi Gincu, dan menghadari mekanisme konflik dengan cara rapat lalu berunding untuk menyelesaikan masalahnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 06:21 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 06:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14107 |
Actions (login required)
View Item |