DEVINA LUSTIANTI, (2024) KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA SDN KARANG MULYA. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.
![]() |
Text
2008107040_1_cover.pdf Download (2MB) |
|
![]() |
Text
2008107040_2_bab1.pdf Download (126kB) |
|
![]() |
Text
2008107040_7_dafpus.pdf Download (179kB) |
|
![]() |
Text
2008107040_6_bab5.pdf Download (106kB) |
|
![]()
|
Image
pe.png Download (11kB) | Preview |
|
![]() |
Text
303.php Download (30kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai karakter peduli lingkungan di SDN Karang Mulya tingkat kesadarannya masih rendah. Hal tersebut ditunjukan dari keseharian siswa yang kurang menjaga kebersihan lingkungan sekolah, masih ada siswa yang tidak melaksanakan piket harian dan belum membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenisnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan literasi sains siswa kelas V di SDN Karang Mulya. (2) mengetahui cara atau upaya dalam mewujudkan karakter peduli lingkungan. (3) mengetahui bagaimana implikasi mengenai kemampuan literasi sains dalam mewujudkan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Karang Mulya. Data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah kemampuan literasi sains siswa di SDN Karang Mulya yang berada dikategori diatas 80% terdapat 7 aspek. Karakter peduli lingkungan kelas V di SDN Karang Mulya yang sudah banyak dilakukan oleh siswa atau berada diatas 80% yaitu membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenisnya dan melaksanakan piket harian. Implikasi Kemampuan Literasi Sains dalam Mewujudkan Karakter Peduli Lingkungan bagi siswa yaitu dengan adanya pembelajaran literasi sains dikelas maka siswa akan terbiasa untuk menggunakan kemampuan ilmiahnya dalam mengambil kesimpulan dan tindakan mengenai pelestarian lingkungan terutama lingkungan sekolah. Adapun implikasinya bagi guru yaitu, dengan siswa memiliki kemampuan literasi sains yang baik maka guru akan lebih mudah dalam melakukan proses pembelajaran dikelas dan guru juga akan lebih mudah dalam mewujudkan dan mengembangkan karakter peduli lingkungan siswa. Sedangkan implikasinya bagi sekolah yaitu dengan siswa mempunyai karakter peduli lingkungan yang baik seperti membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenisnya, selalu melaksanakan piket harian, melakukan reboisasi, memanfaatkan barang bekas plastik, dan melakukan kerja bakti maka lingkungan sekolah akan selalu dalam keadaan bersih, nyaman dan asri. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Sains, Karakter Peduli Lingkungan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 06:58 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |