Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Media Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Kota Cirebon.

Hanna Hanifah Noor Aliyah, (2024) Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Media Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
2008104008_1_cover.pdf

Download (773kB)
[img] Text
2008104008_2_bab1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
2008104008_6_bab5.pdf

Download (124kB)
[img] Text
2008104008_7_dafpus.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini di latar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar, pembelajaran yang cederung membosankan dengan menggunakan media yang cukup monoton. Permasalahan ini yang menjadi penyebab utama rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi terhadap bahan ajar digital flipbook yang dikembangkan pada mata pelajaran IPS, mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar digital flipbook pada mata pelajaran IPS, dan mengetahui hasil dari efektifitas penggunaan bahan ajar digital flipbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Cirebon Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Model ADDIE ini mencakup analysis meliputi analisis kebutuhan, Design meliputi penyusunan materi dan membuat konsep media, Development meliputi pengembangan dan uji validasi, Implementation meliputi penerapan uji coba produk dan penyebaran angket untuk mengetahui respon siswa, Evaluation meliputi penyebaran soal posttest untuk mengetahui hasil belajar penggunaan flipbook digital. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu research and development (RnD) karena menciptakan atau mengembangkan produk yang digunakan untuk pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan test. Teknik analisis data yang yang dilakukan adalah dengan melakukan uji validasi dan kemenarikan menggunakan angket dan uji evaluasi dengan menggunakan soal posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa sebagai output dari penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar digital flipbook menunjukan bahwa validasi media diperoleh persentase akhir sebesar 90% dari dosen dan 97,5% dari guru dengan kriteria sangat layak. Validasi materi diperoleh persentase sebesar 93% dari dosen dan 95% dari guru dengan kriteria sangat layak. Respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar digital flipbook diperoleh hasil persentase 93,1% dengan kriteria sangat menarik. Efektifitas flipbook diuji dalam tahap evaluasi menggunakan soal posttest, diperoleh hasil rata-rata pretest sebesar 44,64 dan posttest sebesar 79.89 dan hasil N-Gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital flipbook sangat layak dan efektif digunakan untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Kata Kunci: Flipbook, Pembelajaran IPS, Pengembangan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2024 03:55
Last Modified: 11 Aug 2024 03:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14230

Actions (login required)

View Item View Item