Manajemen Pemasaran dalam Membangun Brand Image Rintisan Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Daru’l Hikam Kota Cirebon.

Erika Rahmawati, (2024) Manajemen Pemasaran dalam Membangun Brand Image Rintisan Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Daru’l Hikam Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109002_1_cover.pdf

Download (945kB)
[img] Text
2008109002_2_bab1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
2008109002_6_bab5.pdf

Download (301kB)
[img] Text
2008109002_7_dafpus.pdf

Download (416kB)

Abstract

Persaingan pendidikan yang ketat dengan penilaian masyarakat yang semakin rasional menjadi alasan akan pentingnya manajemen pemasaran bagi sekolah dengan fenomena digitalisasi yang semakin global menuntut Kepala Sekolah untuk lebih profesional terhadap pemahaman teknologi dalam melaksanakan pemasaran digital. Rintisan digital yang diupayakan sekolah dapat mengeksplorasi kualitas dan keunggulan lembaga kepada masyarakat, dengan disertai adanya kegiatan evaluasi yang dilakukan secara rutin terhadap manajemen pemasaran memungkinkan sekolah dalam membangun brand image dengan rintisan digital sebagai strategi untuk meningkatkan daya saing yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimaan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap manajemen pemasaran dalam membangun brand image rintisan digital untuk meningkatkan daya saing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memberi gambaran secara deskripsi mengenai keadaan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan dalam perencanaan manajemen pemasaran berupaya merintis digitalisasi terhadap aspek pemasaran sekolah serta pengembangannya dalam proses pemasaran yang lebih relevan untuk meningkatkan daya saing yang lebih baik dengan mengadopsi konsep pemasaran 7P serta rencana penyusunan panitia PPDB untuk menciptakan sistem pendaftaran online. Adapun hasil pelaksanaan manajemen pemasaran telah terlaksana melalui platform digital sekolah seperti media sosial dan websate sekolah sebagai media pendaftaran siswa baru, namun untuk strategi promosi konten masih menjadi upaya rintisan digital sekolah. sedangkan pelaksanaan offline terlaksana dengan proses sosialisasi kepada TK-TK yang menjadi sasaran serta promosi dalam acara yang digelar untuk umum. Kemudian hasil evaluasi manajemen pemasaran menghasilkan penyesuaian pemasaran terhadap Standar Pendidikan Agama dengan monitoring PPDB serta pengawasan terhadap pelaksanaan pemasaran dan pengawasan akan pemahaman sumber daya manusia terhadap teknologi digital untuk manajemen pemasaran. Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Brand Image dan Daya Saing.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:33
Last Modified: 16 Aug 2024 04:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item