Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Washliyah Sumber Kabupaten Cirebon

Fiq’rli Nur’anwarudin, (2024) Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Washliyah Sumber Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109009_1_cover.pdf

Download (585kB)
[img] Text
2008109009_2_bab1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
2008109009_6_bab5.pdf

Download (72kB)
[img] Text
2008109009_7_dafpus.pdf

Download (184kB)

Abstract

Pemerintah telah membuat kebijakan baru terkait kurikulum dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Kurikulum merdeka belajar adalah kurikulum baru yang saat ini diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia. Pemerintah menerapkan kurikulum ini untuk membantu siswa menjadi lebih inovatif, kreatif, dan sesuai dengan zaman. Hal ini juga diterapkan di SMP Al Washliyah yang merupakan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan manajemen kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kelas VII di SMP Al Washliyah, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kelas VII di SMP Al Washliyah, (3) Untuk mengetahui evaluasi manajemen kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kelas VII di SMP Al Washliyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pendekatan penelitian ini menggunakan fenomenologi. Pengumpulan data pada informan tersebut dilakukan dengan wawancara untuk mencari tahu mengenai informasi yang dibutuhkan, observasi kondisi lapangan dan dokumentasi dari pengumpulan data yang dilakukan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kurikulum merdeka belajar dilakukan secara online melalui PMM, dalam tahap ini dimulai dengan menyiapkan berkas, SDM dan juga sarana dan prasarana yang kemudian hasil perencanaan diupload ke PMM. Untuk perencanaan pembelajaran guru mempersiapkan CP, ATP dan modul ajar selain itu juga harus menyiapkan media dan metode pembelajarannya. (2) Dalam pelaksanaan, skema kurikulum di SMP Al Washliyah menyamakan pikiran antar pendidik dengan siswa dan study tiru dari sekolah lain. Untuk penerapan tema SMP Al Washliyah menggunakan tiga tema yaitu gaya hidup berkelanjutan, bangun jiwa dan raganya atau anti bullying dan kewirausahaan. (3) Evaluasi di SMP Al Washliyah itu hampir setiap bulan dengan diadakannya rapat bersama kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan pengembangan kurikulum selain itu juga ada guru, yang dibahas dalam evaluasi yaitu hampir semua aspek. Untuk evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi secara formatif dan sumatif. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:42
Last Modified: 16 Aug 2024 04:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14402

Actions (login required)

View Item View Item