Implementasi Aplikasi Education Management Information System dalam mendukung pelayanan administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Cirebon

Sipa Latifatussa’adah, (2024) Implementasi Aplikasi Education Management Information System dalam mendukung pelayanan administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109041_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008109041_2_bab1.pdf

Download (515kB)
[img] Text
2008109041_6_bab5.pdf

Download (237kB)
[img] Text
2008109041_7_dafpus.pdf

Download (455kB)

Abstract

EMIS merupakan aplikasi pendataan lembaga oleh Kementrian Agama, yang digunakan untuk mengetahui informasi dan data setiap lembaga dibawah naungannya secara rill. EMIS adalah sebuah solusi teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengelola data penting dalam lembaga pendidikan melalui komputer dan jaringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengaplikasikan EMIS dalam mendukung pelayanan administrasi di madrasah. Metode ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi mendalam, dan studi dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan data. Proses analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Pemanfaatan EMIS di MTs Negeri 1 Kota Cirebon digunakan untuk mengelola data administratif, memastikan keakuratan data, dan mendukung fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, pemanfaatan EMIS bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas sehingga membuat proses administratif lebih efisien, meningkatkan kualitas pekerjaan operator, dan menyediakan informasi penting untuk pengambilan keputusan. Pengelolaan EMIS dilakukan secara kerjasama antara Kepala Tata Usaha dan Operator Madrasah membentuk tim pengelolaan EMIS, yang secara aktif melibatkan wali kelas dalam proses pengumpulan data siswa, tahapan pengelolaan EMIS ini mencakup tiga unsur utama dalam mengelola sistem, yaitu penerimaan data sebagai input, pemrosesan data melalui pengolahan dan pemutakhiran, serta penerimaan informasi sebagai output. pengevaluasian secara keseluruhan. Faktor pendukung diterapkannya EMIS adalah yang pertama peran kepala Madrasah dalam memberikan kontribusi, kedua pemahaman operator terhadap penerapan aplikasi EMIS. Faktor penghambat diterapkannya EMIS, pertama faktor anggaran yang terbatas, kedua kualitas operator kurang cepat, server pusat sering error, jaringan tidak stabil. Kata kunci: EMIS, Layanan Administrasi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:36
Last Modified: 16 Aug 2024 06:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14415

Actions (login required)

View Item View Item