PENGARUH METODE BANDONGAN MELALUI PENGAJIAN KITAB HIDAYATUSIBYAN TERHADAP PENGETAHUAN HUKUM-HUKUM BACAAN ILMU TAJWID DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL HUDA CISAMBENG DESA CISAMBENG KECAMATAN PALASAH KABUPATEN MAJALENGKA

SRI BUNGA NURSOLEHAT, (2024) PENGARUH METODE BANDONGAN MELALUI PENGAJIAN KITAB HIDAYATUSIBYAN TERHADAP PENGETAHUAN HUKUM-HUKUM BACAAN ILMU TAJWID DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL HUDA CISAMBENG DESA CISAMBENG KECAMATAN PALASAH KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati..

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman ilmu tajwid merupakan salah satu komponen bagi santri dalam membaca Al-Qur’an. Mengetahui dan memahami hukum-hukum bacaan ilmu tajwid seperti hukum bacaan nun mati dan tanwin, hukum mim mati, hukum madd dan sifat huruf lainnya merupakan kriteria dalam membaca Al-Qur'an. Al-Qur'an merupakan pedoman bagi umat islam dalam menjalani kehidupan di dunia menuju kehidupan di akhirat. Membaca Al-Qur’an harus menggunakan kaidah-kaidah tajwid yang benarserta dengan makhorijul huruf yang benar, terutama bagi santri yang sedang belajar di pondok pesantren mempelajarai ilmu-ilmu membaca Al�Qur’an di haruskan agar membaca Al-Qur’an setiap harinya di lakukan dengan baik dan sesuai dengan bacaan tajwid.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pembelajaran menggunakan Pengaruh Metode Bandongan Melalui Pengajian Kitab Hidayatussibyan Terhadap Pengetahuan Hukum-Hukum Bacaan Tajwid Santri Pondok Pesantren Manba’ul Huda Cisambeng.Kerangka pemikiran dalam sekripsi ini adalah yang menjadi variabel independent yaitu metode bandongan sebagai variabel X dan variabel dependen yakni Pengetahuan Hukum�Hukum Bacaan Tajwid santri pondok pesantren manba’ul huda cisambeng sebagai variabel Y. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan signifikansi antara variabel X dan variabel Y.Metode penelitian yang di gunakan dalam metode ini adalah metode kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi,dokumentasi,angket dan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan prosentase,korelasi parsion, uji koefisiensi determinan, dan uji t.Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan responden mengenai pembelajaran menggunakan metode bandongan melalui pengajian kitab hidayatussibyan di pondok pesantren Manba’ul Huda Cisambeng sangat baik, begitu juga pengetahuan hukum-hukum bacaan ilmu tajwid Santri Pondok Pesantren Manba’ul Huda sudah sangat baik. Dan pengaruhnya pun positif antara metode bandongan melalui pengajian kitab hidayatussibyan dengan pengetahuan hukum-hukum bacaan ilmu tajwid Santri Pondok Pesantren Manba’ul Huda Cisambeng sebesar 65.4% sedangka sisanya 33,6% di pengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Metode Bandonga, Kitab Hidayatussibyan,Pengetahuan Hukum�hukum Bacaan Ilmu Tajwid

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:38
Last Modified: 19 Aug 2024 04:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14462

Actions (login required)

View Item View Item