Pembentukan Karakter Percaya diri Peserta Didik Melalui Pembiasaan Latihan Kader Dakwah Islam (Studi Kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 1 Cirebon)

Amaliah Ayu Insani, (2024) Pembentukan Karakter Percaya diri Peserta Didik Melalui Pembiasaan Latihan Kader Dakwah Islam (Studi Kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 1 Cirebon). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AWALAN-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (310kB)

Abstract

Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah tingkat rasa percaya diri peserta didik. Namun hal ini sangat bertolak belakang dengan kondisi peserta didik di lapangan. Pembiasaan latihan kader dakwah Islam merupakan salah satu usaha untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk pola tingkah laku yang baik kepada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan triangulasi. Hasil dalam penelitian ini : (1) Program dan kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam di MAN 1 Cirebon terbagi ke dalam beberapa kegiatan, yaitu: (a) Kegiatan Harian; (b) Kegiatan Mingguan; (c) Kegiatan Bulanan; (d) Kegiatan Tahunan. Pelaksanaan program kegiatan latihan kader dakwah Islam di MAN 1 Cirebon, sebagai berikut: (a) Mentoring / sharing session; (b) Pelatihan pidato; (c) Tahsin dan sari tilawah; (d) Pelatihan public speaking; (e) Pelatihan Syahril Qur‟an. (2) Proses pembentukan karakter percaya diri peserta didik melalui pembiasaan latihan kader dakwah Islam di MAN 1 Cirebon adalah Setiap anak diberi materi dakwah, membentuk kelompok kecil, membentuk kelompok yang lebih besar, peserta didik yang dianggap mampu dan menguasai materi, maka mereka akan di tunjuk untuk tampil kedepan. (4) Faktor pendukung dalam pembentukan karakter percaya diri peserta didik melalui pembiasaan latihan kader dakwah Islam adalah (a) Pengalaman masa kecil; (b) Dukungan Sosial; (c) Pengakuan atas prestasi. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam pembentukan karakter percaya diri peserta didik melalui pembiasaan latihan kader dakwah Islam adalah (a) Kurang nya disiplin waktu; (b) Peserta didik kesulitan dalam menghafal teks pidato; (c) Kurangnya minat dalam mengikuti latihan; (d) Kurangnya tingkat percaya diri peserta didik; (e) Timbulnya rasa takut dan kritik dari orang lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:40
Last Modified: 20 Aug 2024 03:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14489

Actions (login required)

View Item View Item