Implementasi Standar Nasional Perpustakaan dalam Meningkatkan Layanan Mutu Perpustakaan pada SMA Negeri di Kabupaten Cirebon

Nurseha., (2024) Implementasi Standar Nasional Perpustakaan dalam Meningkatkan Layanan Mutu Perpustakaan pada SMA Negeri di Kabupaten Cirebon. Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
AWALAN-DAFTAR ISI.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAPUS (2).pdf

Download (230kB)

Abstract

Kualitas layanan perpustakaan secara umum masih sering menghadapi tantangan dan cenderung rendah dalam beberapa aspek. Hal ini sering kali menghambat kemampuan perpustakaan dalam fungsi dan perannya menjadi bagian pusat pembelajaran, salah satu sebab tidak efektifnya pelayanan perpustakaan adalah perpustakaan yang tidak mengimplementasikan Standar Nasional Perpustakaan sehingga dapat berdampak negatif terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengunjung. Adapun tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Standar Nasional Perpustakaan No. 12 Tahun 2017 pada perpustakaan yang telah terakreditasi A terhadap layanan mutu perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian deskriptif, dengan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis kesesuaian implementasi Standar Nasional Perpustakaan 12:2017 pada dua perpustakaan sekolah di Wilayah Kabupaten Cirebon, yaitu Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Astanajapura dan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Babakan. Diperoleh data tingkat kesesuian implementasi Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Astanajapura dari total 80 elemen Standar Nasional Perpustakaan 12:2017 telah tercapai kesesuaian sebanyak 73 elemen, dengan nilai prosentase sebesar 91% dengan predikat sangat baik. Sementara hasil dari pengukuran tingkat kesesuaian pada Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Babakan dari total 80 elemen Standar Nasional Perpustakaan 12:2017 diperoleh data kesesuian 71 elemen, dengan nilai kesesuaian prosentase sebesar 89%, maka predikat pada perpustakaan adalah baik, jika dilihat dari angka prosentase kedua perpustakaan tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan mutu pada Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Astanajapura berpredikat sangat baik, sementara Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Babakan memiliki layanan mutu Perpustakaan dengan predikat baik. Sehingga dapat penulis simpulkan pentingya semua sekolah di Kabupaten Cirebon untuk mengimplementasi Standar Nasional Perpustakaan dalam meningkatkan layanan mutu perpustakaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > KD England and Wales > KDC Scotland
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:54
Last Modified: 11 Sep 2024 01:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14519

Actions (login required)

View Item View Item