Penerapan Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Islamic Montassori Pada Anak Anak Usia Dini di Sekolah Montessori Islam Amanah Bintang Cendekia (ABC) Cirebon.

IMAM BUKHORI, (2020) Penerapan Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Islamic Montassori Pada Anak Anak Usia Dini di Sekolah Montessori Islam Amanah Bintang Cendekia (ABC) Cirebon. Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
AWALAN-DAFTAR ISI.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat pelaksanaan Pendidikan Agama Islam yang dipadukan dengan Metode Montessori, di dalamnya penulis berfokus pada hambatan yang dialami oleh guru, pengelola, dan kepala sekolah dalam menerapkan Pendidikan Agama Islam dengan metode Islamic Montessori di Sekolah Amanah Bintang Cendekia Kota Cirebon. Penggunaan metode Islamic Montesori cukup efektif dalam menggali potensi anak-anak di Sekolah Amanah Bintang Cendekia Kota Cirebon. Guru pada metode ini bukan hanya berperan sebagai pengajar semata, melainkan sebagai pembimbing, sahabat, dan orang tua. Metode Islamic montessori, meliputi praktical life, sensorial, language, mathematic, dan culture. Pada penelitian ini dengan menggunakan metode Islamic Montessori, di dalamnya pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Islamic Montessori. Adapun Penggalian data penulis menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan penelitian (field research) atau studi lapangan yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsungke lokasi untuk memperoleh data yang diperlukan sebagai bahan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun di dalam pembelajaran Islamic Montessori di Sekolah,kendala di lapangan yang mempengaruhi pembelajaran diantaranya : (1) faktor perkembangan kognitif dan soso-emosional anak, (2) Latar Belakang Guru, (3) peran aktif kepala sekolah. Begitu juga yang penunjang lainnya seperti sarana dan prasarana, serta alat peraga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:10
Last Modified: 11 Sep 2024 02:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14523

Actions (login required)

View Item View Item