, ALFIN BISMAHERDA (2019) Peran guru dalam membentuk peserta didik berkarakter (Studi kasus di madrasah aliyah didaarul uluum pui majalengka). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (277kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (149kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
ALFIN BISMAHERDA : PERAN GURU DALAM MEMBENTUK PESERTA DIDIK BERKARAKTER (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH DAARUL ULUUM PUI MAJALENGKA). Latar belakang masalah yang mendorong penelitian ini adalah mirisnya peneliti tentang pemerosotan moral dikalangan remaja anak sekolah saat ini. Tentunya hal tersebut menjadi ancaman bagi kita semua, karena dengan pemerosotan moral hal-hal kejahatan akan terus berkembang. Dalam dunia pendidikan yang memegang peran penting yakni guru, yang selalu digugu dan ditiru, serta guru yang sangat dipercayai masyarakat merupakan pionir perubahan bangsa dan dapat merubah seorang anak. Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui dan menggali lebih dalam bagaimana peran guru Madrasah Aliyah Daarul Uluum PUI Majalengka dalam membentuk siswa berkarakter baik dalam proses pembelajaran, kegiatan yang diprogramkan oleh sekolah dan ekstrakurikuler, karena karakter sangat penting jika melihat berbagai fenomena kemerosotan moral saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar tempat di Madrasah Aliyah Daarul Uluum PUI Majalengka. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Pembentukan karakter harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan yang melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, kasih sayang, dan perbuatan. Pembentukan karakter memerlukan latihan yang terus menerus dan berkelanjutan sehingga menjadi suatu kebiasaan yang akhirnya dapat menjadi sebuah kepribadian yang kuat dan baik pada seseorang. Proses pembiasaan itu tidak akan mungkin berjalan dengan baik tanpa bantuan guru disekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam membentuk karakter siswa terbagi menjadi beberap atahap yang pertama yakni pada tahap pembelajaran, padatahap ini guru sebagai perencana dan pelaksana pembelajaran dan ada beberapa keterampilan guru yang dilaksankan dari mulai membuka pelajaran sampai menutup pelajaran, kedua peran guru dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri guru berperan sebagai pengembang potensi anak, sebagai demonstrator, sebagai mediator dan fasilitator, intervensi, dan mentoring atau pendampingan, ketiga peran guru dalam kegiatan yang telah diprogramkan oleh sekolah sehingga siswa yang dibentuk adalahsiswa yang bertakwa, berilmu, mandiri dan terampil sesuai dengan visi sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 07:40 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 07:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14550 |
Actions (login required)
View Item |