Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Keterampilan Berpikir dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. Tesis. 2019

LILAH KHOLILAH, (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Keterampilan Berpikir dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. Tesis. 2019. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Lilah Kholilah 14156310047:Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Keterampilan Berpikir dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. Tesis. 2019. Realitas empiris menunjukkan bahwa keterampilan berpikir dan kemandirian belajar peserta didik masih rendah, salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran di sekolah. Praktik pembelajaran PAI di SMP cenderung memberikan materi sebagai hafalan. Oleh karena itu perlu penggunaan model pembelajaran yang akan berpengaruh pada keterampilan berpikir dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembuktian tentang gambaran penerapan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran pendidikan agama Islam Kelas VII di SMPN Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu, terhadap keterampilan berfikir dan kemandirian belajar yang signifikan antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dengan yang belajar tanpa menggunakan model pembelajaran inquiry Penelitian ini berdasarkan teori bahwa jika model pembelajaran inquiry digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, akan berpengaruh pada keterampilan berpikir dan kemandirian belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan jenis desain penelitian non equivalent post-test only control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket kepada 59 responden terdiri atas 30 responden di kelas eksperimen dan 29 responden di kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis independent t-test. Berdasarkan hasil analisis regresi linear, disimpulkan bahwa: Penerapan model pembelajaran inquiry dalam pembelajaran PAI adalah baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata jawaban responden (persepsi peserta didik di kelas eksperimen) dalam kategori baik sebesar 77,98%. Terdapat perbedaan rata-rata skor keterampilan berpikir antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dengan peserta didik yang belajar tanpa menggunakan model pembelajaran inquiry pada pembelajaran PAI kelas VII di SMPN Unggulan Sindang dengan nilai t. hitung positif sebesar 4,162, nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dan mean difference sebesar 5,552. Terdapat perbedaan rata-rata skor kemandirian belajar peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dengan peserta didik yang belajar tanpa menggunakan model pembelajaran inquiry pada pembelajaran PAI kelas VII di SMPN Unggulan Sindang dengan nilai t. hitung positif sebesar 3,922, nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan mean difference sebesar 6,268. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, model pembelajaran inquiry, keterampilan berpikir, kemandirian belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 11 Oct 2024 08:55
Last Modified: 11 Oct 2024 08:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14556

Actions (login required)

View Item View Item