IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAK DALAM MENANGGULANGI PERGAULAN BEBAS SISWA DI SEKOLAH, KELUARGA, DAN MASYARAKAT (Studi Kasus di MTsN 5 Cirebon )

AAH MURTOFA’AH, (2019) IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAK DALAM MENANGGULANGI PERGAULAN BEBAS SISWA DI SEKOLAH, KELUARGA, DAN MASYARAKAT (Studi Kasus di MTsN 5 Cirebon ). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

AAH MURTOFA’AH, NIM. 14166310002 : IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAK DALAM MENANGGULANGI PERGAULAN BEBAS SISWA DI SEKOLAH, KELUARGA, DAN MASYARAKAT (Studi Kasus di MTsN 5 Cirebon ) Tesis ini membahas tentang implementasi pembinaan akhlak dalam menanggulangi pergaulan bebas siswa di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Kajian ini dilatar belakangi dengan adanya penyimpangan antara teori dan fakta yang ada, yakni Madrasah Tsanawiyah yang memiliki muatan materi keagamaan lebih banyak daripada sekolah-sekolah umum (SMP) bisa memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembinaan akhlak siswa. Penelitian ini bermaksud untuk memberikan jawaban atas permasalahan ; bagaimana kondisi objektif pergaulan bebas yang terjadi di MTsN 5 Cirebon, bagaimana usaha guru, orang tau dan masyarakat pembinaan akhlak siswa dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi tanggung jawab sekolah, orang tua dan masyarakat dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah tersebut. Dalam pembahasannya, menggunakan metode kualitatif melaui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang berhasil dihimpun tersebut kemudian diolah dengan analisis deskriptif., denagn tujuan untuk memberi informasi kondisi pergaulan bebas siswa MTsN 5 Cirebon, menjabarkan usaha guru, orang tua dan masyarakat dalam membina madrasah tersebut serta menjabarkan faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan tersebut. Dalam pembahasannya, penulis menggunakan konsep Marzuki sebagai rujukan utama. Fakta di lapangan ditemukan bahwa pembinaan akhlak dilakukan di madrasah, orang tua dan masyarakat telah dilakukan sedemikian rupa untuk membentuk siswa berakhlak mulia. Di madrasah, kepala madrasah beserta para guru bersama-sama melaksanakan pembinaan akhlak dengan berbagai strategi, seperti ; pembiasaan shalat dzuhur bersama, shalat dluha, mujahadah, dan pemberian sangsi bagi para pelanggar yang tidak melaksanakan disiplin serta pemanggilan siswa yang tetap membandel. Penelitian ini telah menemukan masalah yang ada bahwa perilaku yang menyimpang tersebut dipengaruhi oleh pergaulan, kurang perhatian orang tua, dan metode yang kurang sesuai.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: akhlak, pembinaan akhlak, pergaulan bebas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:52
Last Modified: 24 Oct 2024 01:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14579

Actions (login required)

View Item View Item