Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membentuk Karakter Siswa SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon

BADRUZZAMAN, (2018) Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membentuk Karakter Siswa SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

BADRUZZAMAN.NIM: 14166310004. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membentuk Karakter Siswa SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon. Salah satu tujuan dari Pendidikan Agama Islam adalah membentuk manusia-manusia yang memiliki karakter luhur, sesuai dengan ajaran Al-Qur‟an dan sunah.Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam menjadi mata pelajaran wajib di sekolah. Bobroknya karakter bangsa dewasa ini menjadi perhatian serius pemerintah, pembenahan – pembenahan dilakukan demi masa depan bangsa yang lebih baik. Pembenahan ini diawali dari bangku pendidikan, perubahan sistem pendidikan yang dimulai dengan evaluasi kurikulum yang telah mengantarkan menuju kurikulum yang disempurnakan yaitu, kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Karakter Siswa SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon yang meliputi: Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 di SDIT Sabilul Huda kota Cirebon. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon. Dalam penelitian ini juga dibahas proses pembentukan karakter siswa SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon yang merupakan realisasi dari penerapan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field reseach) penelitian ini dilakukan langsung di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon tahun ajaran 2017/2018. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa dan guru Pendidikan Agama Islam di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon tahun 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini ada 3 poin. Pertama, proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menerapkan kurikulum 2013 sudah berjalan cukup baik, sudah sesuai dengan prosedur yang ditentukan dari perencanaan pembelajaran sampai evaluasi pembelajaran. Kedua, pembentukan karakter siswa SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon sudah berjalan dengan baik yaitu melalui kegiatan-kegiatan yang mencerminkan pembentukan karakter siswa. Melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan keagamaan dan sosial. Ketiga, hambatan yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan kurikulum 2013 terkait masalah ketersediaan buku guru dan siswa, regulasi pemerintah yang sering berubah-ubah, dan materi ujian sekolah yang masih menggunakan materi KTSP. Sedangkan hambatan yang dihadapi guru PAI dan Budi Pekerti terkait masalah administrasi pembelajaran yang rumit, proses penilaian yang menyita waktu, media pembelajaran yang kurang memadai, dan kesiapan siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Kurikulum 2013, PAI dan Budi Pekerti, Pembentukan Karakter

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, PAI dan Budi Pekerti, Pembentukan Karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:02
Last Modified: 24 Oct 2024 01:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14598

Actions (login required)

View Item View Item