MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SEKOLAH ADIWIYATA UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Analisis di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan)

ARGON BARDEAN, (2019) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SEKOLAH ADIWIYATA UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Analisis di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Argon Bardean : MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SEKOLAH ADIWIYATA UNTUK MEMBENTUK SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK (STUDI ANALISIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN) Sekolah Adiwiyata merupakan wahana dan sistem yang penting dalam pengembangan karakter peduli lingkungan untuk mencegah kerusakan lingkungan lebih lanjut. Program Adiwiyata menjadi gerakan peduli lingkungan yang melibatkan seluruh stakeholders(siswa, guru, orang tua, serta masyarakat sekitar). Penelitian ini membahas tentang bagaimana manajemen kepala sekolah dalam membangun sekolah Adiwiyata untuk membentuk sikap peduli lingkungan dan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan? Apa faktor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam membangun sekolah Adiwiyata untuk membentuk sikap peduli lingkungan dan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan? Apa usaha peningkatan mutu manajemen kepala sekolah dalam membangun sekolah adiwiyata untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan dan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam membangun sekolah Adiwiyata untuk membentuk sikap peduli lingkungan dan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu bahwa manajemen kepala sekolah dalam membangun sekolah adiwiyata untuk membentuk sikap peduli lingkungan dan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan difokuskan pada penerapan kompetensi manajemen kepala sekolah yaitu menyusun perencanaan, mengelola guru dan staf dalam pelaksanaan program sekolah adiwiyata, mengelola pengembangan kurikulum dan melakukan evaluasi. Adapun di antara faktor pendukungnya yaitu adanya majalah dinding yang memuat informasi-informasi dengan tema pengelolaan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dukungan sebagian kecil masyarakat sekitar yang belum optimal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala Sekolah, Sekolah Adiwiyata, dan Sikap Peduli Lingkungan dan Kedisiplinan Peserta Didik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:54
Last Modified: 23 Oct 2024 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14618

Actions (login required)

View Item View Item