Implementasi Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) Di MTs Negeri 1 Brebes.

M. MISBAKHUDDIN, (2019) Implementasi Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) Di MTs Negeri 1 Brebes. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Muhammad Misbakhuddin, 2019. Implementasi Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) Di MTs Negeri 1 Brebes. Kata kunci: Manajemen Pengetahuan, Tacit Knowledge, Explicit Knowledge, Strategi Manajemen Pendidikan, Budaya Sekolah, Sekolah Pembelajaran. Guru berkualitas dalam menjalan kan fungsi utamanya melakukan pembelajaran merupakan factor penting dalam keberhasilan pendidikan. Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kinerja guru telah dilaksanakan dalam bentuk program sertifikasi dengan cara melaksanakan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang berlangsung sampais ekarang ini. Namun peningkatan mutu keilmuan guru masih perlu ada peningkatan, Memperhatikan masalah tersebut perlu upaya untuk meningkatkan kinerja guru melalui pemikiran terobosan atau pendekatan non-tradisional. Manajemen Pengetahuan (MP) memberikan alternative peningkatan kualitas guru dengan meningkatkan pengetahuan mereka melalui siklus atau tahapan MP. Ada korelasi positif antara profesionalisme guru dengan MP. Jika kemampuan seorang MP guru meningkat maka meningkat pula kemampuan profesionalismenya. Penelitian ini berfokus pada dua hal yaitu Manajemen Pengetahuan dan factor pendukungnya. MP membahas tentang siklus MP dengan tahapan (1) Memperoleh (discovering) pengetahuan, (2) Menyimpan (Capturing) Pengetahuan pengetahuan, (3) Berbagi (Sharing) Pengetahuan, dan (4) Memanfaatkan (Applicating) Pengetahuan. Sedangkan aspek pendukung MP terdiri dari (1) Strategi Manajemen Pengetahuan, (2) Budaya Sekolah, (3) Sistem dan Teknologi, dan (4) Sekolah Pembelajaran atau “learning Organization” Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal, lokasi penelitian berada di MTs Negeri 1 Brebes . pengumpulan data dilaksanakan dengan mengadakan (1) wawancara mendalam, (2) Focus Group interviewing, (3) Observasi, (4) Studi dokumen. Informasi yang digali yaitu tentang MP, Kerangka kerja, Dimensi MP, Strategi MP dan Budaya Sekolah. Temuan yang diperoleh sebagai hasil penelitian ini meliputi (1) MP merupakan proses pembelajaran yang efektif bagi para guru melalui kegiatan memperoleh, menyimpan, berbagi dan memanfaatkan pengetahuan baik dalam bentuk laten atau eksplisit dengan memanfaatkan teknologi dan lingkungan budaya untuk membangun pengetahuan atau memori sekolah. (2) siklus MP dibuat lebih sederhana disesuaikan dengan kondisi sekolah yang meliputi tahapan memperoleh, menyimpan, berbagi dan memanfaatkan pengetahuan, (3) Aspek pendukung

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengetahuan, Tacit Knowledge, Explicit Knowledge, Strategi Manajemen Pendidikan, Budaya Sekolah, Sekolah Pembelajaran.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Oct 2024 03:07
Last Modified: 23 Oct 2024 02:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14619

Actions (login required)

View Item View Item