AHMAD BAEDOWI, (2018) Manajemen Pendidikan Islam Terpadu Dalam Membentuk Siswa Berakhlak Mulia di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu Tahun Pembelajaran 2015/2016. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
1. Cover dan Pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Bab I.pdf Download (128kB) |
|
Text
6.BAB V.pdf Download (145kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
Abstract
Ahmad Baedowi. Manajemen Pendidikan Islam Terpadu Dalam Membentuk Siswa Berakhlak Mulia di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu Tahun Pelajaran 2015/2016 Penanaman pendidikan akhlak di sekolah Islam diyakini hal yang penting dalam penanaman pribadi yang paripurna. MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu adalah salah satu sekolah Islam terpadu yang menerapkan pendidikan akhlak, dan menjalankannya sesuai dengan fungsi manajemen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana manajemen pendidikan Islam terpadu dalam membentuk siswa berakhlak mulia di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu, serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran manajemen pendidikan Isları terpadu dalam membentuk siswa berakhlak mulia di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research yang bertempat di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu sebagai kancah studi kasus. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, sedangkan metode penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, dengan langkah-langkah: reduksi data, kategorisasi dat data, sintesisasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, manajemen pendidikan Islam terpadu dalam membentuk siswa berakhlak mulia di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu terdiri dari beberapa point, yaitu: perumusan visi misi, kurikulum terpadu, pembelajaran terpadu, guru yang berkualitas, pendekatan terpadu dan budaya sekolah. Keenam point tersebut telah mampu membentuk siswa berakhlak mulia (berkarakter), dan keenam point tersebut telah dijalankan sesuai fungsi manajemen (planning, organizing, actuating, controlling, evaluation). Adapun faktor pendukung dalam manajemen pendidikan Islam terpadu dalam membentuk siswa berakhlak mulia di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu adalah: 1) Peran aktif orang tua, 2) sarana dan fasilitas sekolah yang memadai, 3) guru berkualitas, 4) adanya buku komunikası, 5) adanya guru pendamping. Sedangkan faktor penghambatnya, adalah: 1) minimnya komunikasi orang tua dan guru, 2) minimnya sarana (karena rusak/sedang digunakan, 3) Sebagian peserta didik mengalami kecapean, kejenuhan karena full day school, 4) Sebagian guru juga merasakan keletihan dan kecapean, karena berbagai macam aktivitas. Kata Kunci: Manajemen, Islam terpadu, akhlak mulia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Islam terpadu, akhlak mulia. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:44 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:02 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14627 |
Actions (login required)
View Item |