WAROM BIN THABRANI, (2018) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF AL MAWARDI (Telaah atas kitab Adab Al-Dunya wa Al- Din). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (157kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
Warom Bin Thabrani, 2018, Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Mawardi (Telaah atas Kitab Adab Al-Dunya wa Al-Din) karangan Imam Abu Hasan Ali Bin Muhammad Bin Habib Al-Bashari Al-Mawardi, Tesis, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Dosen pembimbing Prof. Dr. H. Jamali sahrodi, M.Ag. dan Dr. H. Ahmad Asmuni, MA. Kata kunci : Konsep Pendidikan Akhlak, Adab Al-Dunya wa Al-Din. Pendidikan akhlak bertanggungjawab terhadap keseluruhan pembentukan karakter dalam perbaikan jati diri mereka. Pergaulan yang semakin hari semakin parah yang mengarah kepada pergaulan bebas, minum-minuman keras, tidak tau sopan santun dan kenakalan remaja yang merajalela seluruh tatanan moral dan religiusitas tergugat. Pendidikan akhlak perlu untuk membentengi anak-anak muda dengan nilai-nilai religius ajaran agama Islam. Nilai-nilai religius tidak cukup diajarkan di kelas yang sifatnya adalah pengetahuan saja tetapi harus diaplikasikan dalam kehidupan. Pendidikan akhlak adalah sebuah pemberdayaan potensi akal manusia agar tercipta perilaku yang baik dalam rangka mencapai kebahagiaan yang paripurna. Manusia merupakan makhluk yang multi dimensial. Bukan saja karena manusia secara teologis mempunyai rasa dan kesadaran untuk mengembangkan pola kehidupannya akan tetapi lebih dari itu sekaligus juga menjadi objek dalam keseluruhan aktivitas dan kreatifitasnya. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deduktif. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui karangan Syaikh Abu Hasan yang didokumentasikan pada karya yang agung beliau yakni kitab Adab Al-Dunya wa Al-Din. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan tekhnik analisis deduktif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas yang dijelaskan pada kitab karangan beliau sesuai dengan fenomena yang sebenarnya. Al-Mawardi adalah seorang tokoh pemikir Islam yang hidup pada masa kejayaan peradaban Islam. Ini dibuktikan dengan karya beliau yaitu kitab Adab Al-Dunya wa Al-Din. Dalam kitab tersebut dijelaskan tentang konsep dan pandangan beliau tentang pendidikan Akhlak. Menurut Al-Mawardi, manusia mempunyai dua potensi dasar yaitu akal dan hawa. Akal membawa kecenderungan manusia untuk berbuat baik sedangkan hawa memiliki kecenderungan membawa manusia untuk berperilaku buruk, potensi akal dapat mengontrol kecenderungan untuk berperilaku buruk, ketika potensi akal manusia diberdayakan melalui bimbingan seorang guru. Untuk itu pendidikan harus dilakukan dalam kerangka melatih pola kerja akal secara terus menerus dalam merespon lingkungan. Selain itu, proses pendidikan ini harus dilakukan dalam upaya bagaimana pendidikan memberikan kebebasan kepada anak didik untuk menjadi mandiri dan menjadi diri sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan Akhlak, Adab Al-Dunya wa Al-Din. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:45 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14668 |
Actions (login required)
View Item |