SARIPUDIN, (2018) Implementasi Model Guided Inquiry Berbasis Media Visual Kartun Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Perilaku Terpuji.(Studi Kasus Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kadugede Kuningan). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
1.COVER MERGE.pdf Download (2MB) |
|
Text
2.BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (14kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
Abstract
SARIPUDIN: Implementasi Model Guided Inquiry Berbasis Media Visual Kartun Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Perilaku Terpuji.(Studi Kasus Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kadugede Kuningan) Survey pendahuluan penulis di SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan pada mata pelajaran PAI di kelas VIII hasil belajar siswa rendah. Hal ini terlihat dari nilai ulangan harian dalam mata pelajaran PAI siswa yang memperoleh rentang nilai 51 – 68 sebanyak 73%, rentang nilai 69 – 85 sebanyak 20% dan rentang nilai 86 – 100 sebanyak 7%. Hal ini membuktikan 73% memperoleh nilai PAI di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan implementasi model guided inquiry berbasis media visual kartun terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep perilaku terpuji 2) memperoleh data peningkatan pemahaman konsep perilaku terpuji.3) mengetahui pengaruh model guided inquiry berbasis media visual kartun terhadap motivasi belajar siswa pada konsep perilaku terpuji. 4) memperoleh data pengaruh model guided inquiry berbasis media visual kartun terhadap pemahaman konsep perilaku terpuji. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini yaitu: Input: implementasi model guided inquiry berbasis media visual kartun terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep perilaku terpuji. Proses: penerapan metode ceramah, penerapan model guided inquiry berbasis media visual kartun. Output: Implementasi model guided inquiry berbasis media visual kartun berpengaruh terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep perilaku terpuji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu atau quasy ekperimen di dalam kelas. Sebelum diberikan perlakuan anggota kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diusahakan memiliki kemampuan awal yang relatif sama yaitu berdasarkan hasil pembelajaran sebelumnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa implementasi model guided inquiry berbasis media visual kartun pada materi perilaku terpuji adalah baik. Terdapat pengaruh model guided inquiry berbasis media visual kartun terhadap pemahaman konsep perilaku terpuji, berdasarkan hasil posttest pemahaman konsep perilaku terpuji antara kelompok kontrol dengan penerapan metode diskusi kelompok dan kelompok eksperimen dengan model guided inquiry berbasis media visual kartun diperoleh nilai t = 8,486 dengan Sig. 0,001 < 0,05 artinya Hi diterima. Terdapat pengaruh model guided inquiry berbasis media visual kartun terhadap motivasi belajar pada konsep perilaku terpuji. hal ini berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh nilai 0,866 > 0,05, dengan nilai t = 7,510 dengan Sig. 0,001 < 0,05 artinya Hi diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 02:14 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 03:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14673 |
Actions (login required)
View Item |