Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam diSMPN 3 Gunung Jati Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon.

NUR RUFAIN, (2018) Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam diSMPN 3 Gunung Jati Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

NUR RUFAIN, NIM 14146310043, Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Gunung Jati Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Penggunaan media visual gambar dapat menjadi solusi untuk menunjang kreativitas guru dalam mengajar karena lebih mudah untuk dibuat dan dapat menjadi media pendukung apabila media pembelajaran lain tidak dapat digunakan. Oleh sebab itu, guru harus mampu memiliki keterampilan dan kreativitas yang baik untuk memilih dalam menggunakan media. Jika penggunaan media pada proses pembelajaran dan penyampaian tepat dalam pembelajaran, maka motivasi berprestasi siswa juga akan semakin baik dan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media visual gambar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), motivasi berprestasi siswa setelah menggunakan media visual gambar dalam pembelajaran PAI dan pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media visual gambar terhadap motivasi berprestasi pada Bab Thaharah (Bersuci), studi eksperimen di kelas VII SMPN 3 Gunung Jati Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Model penelitiannya menggunakan One-Shot Case Study. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII SMPN 3 Gunung Jati Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, dengan teknik pengambilan random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedua variabel tersebut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan media visual gambar pada mata pelajaran PAI Bab Thaharah (Bersuci) studi eksperimen di kelas VII SMPN 3 Gunung Jati dinilai kuat. Terbukti dari hasil angket media visual gambar sejumlah 84,7 % (sangat kuat) dari 36 siswa. (2) Motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMPN 3 Gunung Jati dinilai kuat. Terbukti dari hasil angket motivasi berprestasi siswa sejumlah 65,2 % dari 36 siswa (jumlah responden). (3) Pengaruh penggunaan media visual gambar terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran PAI Bab Thaharah (Bersuci) di kelas VII SMPN 3 Gunung Jati berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana dapat dinyatakan nilai signifikansinya < 0,05, artinya nilai yang diperoleh dari hasil tersebut yaitu 0,042 < 0,05, maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media visual gambar terhadap motivasi berprestasi PAI siswa sekolah dasar pada mata pelajaran PAI Bab Thaharah studi eksperimen di kelas VII SMPN 3 Gunung Jati.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Nov 2024 08:06
Last Modified: 05 Nov 2024 08:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14689

Actions (login required)

View Item View Item