Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasidan Metode Drill terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri I Palasah Kabupaten Majalengka

FATONAH, (2016) Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasidan Metode Drill terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri I Palasah Kabupaten Majalengka. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
DEPAN TESIS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)

Abstract

FATONAH:“Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasidan Metode Drill terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri I Palasah Kabupaten Majalengka” Metode mengajar adalah cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pelajaran kepada siswa. Metode demonstrasi membantu pemahaman dan daya ingat siswa,sehingga siswa dapat menerima materi dengan baik, apalagi penerapan metode demonstrasi ini diikuti juga dengan penerapan metode drill. Guru memvariasikan metode demonstrasi dan metode drill dalam menyampaikan materi pelajaran dengan harapan minat belajar dan hasil belajar siswa akan lebih baik dari sebelumnya. Dirumuskan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama bagian ibadah di SMKNegeri I Palasah? Bagaimanakah pengaruh metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama bagian ibadah di SMKNegeri I Palasah? Sejauhmana pengaruh metode demonstrasi dan metode drill secara bersama-sama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama bagian ibadah di SMKNegeri I Palasah? Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi dan metode drill secara bersama-sama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama bagian ibadah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan lapangan yaitu penulis mengadakan observasi, dokumentasi, angket dan teknik analisis data disertai pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan masalah penelitian tesis.Analisis data menggnakan rumus pearson product moment. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaruh penerapan metode demonstrasi dan metode drill secara bersama-sama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama bagian ibadah di SMK Negeri I Palasah. Diketahui bahwa, rata-rata persentase variabel Y sebesar 57,17, nilai tersebut berdasarkan pedoman penafsiran persentase yang lebih setengahnya adalah cukup, sebab nilai tersebut berada pada rentang nilai 51%-59%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa�siswi SMK Negeri 1 Palasah dalam mengimplementasikan materi ajar Pendidikan Agama Islam yang telah diajarkan guru mereka adalah cukup.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Nov 2024 06:44
Last Modified: 13 Nov 2024 06:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14695

Actions (login required)

View Item View Item