Khairul Umam, (2024) Strategi Pembelajaran PAI Dalam Mencegah Perilaku Bullying Dengan menerapkan Perilaku sosial di SMPN 1 Kertasemaya Indramayu (Studi Lapangan di SMPN 1 Kertasemaya Indramayu). Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
TESIS_BAB 1 FIX SELESAI SIDANG.pdf Download (321kB) |
|
Text
TESIS_BAB 5 FIX SELESAI SIDANG.pdf Download (2MB) |
Abstract
Lingkungan sekolah ialah suatu tempat bagi peserta didik untuk menuntut ilmu serta menciptakan peserta didik yang berkarakter baik. Pada saat bersosialisasi akan ada pengaruh baik dan pengaruh buruk, peserta didik harus dapat membedakan hal tersebut. Perilaku buruk yang sedang marak di dunia pendidikan saat ini adalah kasus bullying. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1.Bagaimana Penerapan Pembelajaran PAI di SMP 1 Kertasemaya? 2. Bagaimana Bentuk bullying yang dilakukan siswa SMP 1 Kertasemaya? 3. Apa saja Faktor pendukung Perilaku bulying di SMP 1 Kertasemaya? 4. Bagaimana upaya guru PAI dalam mencegah perilaku bulying di SMPN 1 Kertasemaya? Penelitian ini bertujuan : a. Untuk mengetahui Penerapan Pembelajaran PAI di SMP 1 Kertasemaya? 2. Untuk mengetahui Bentuk bullying yang dilakukan siswa SMP 1 Kertasemaya? 3. Untuk mengetahui Perilaku bulying di SMP 1 Kertasemaya? 4. Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mencegah perilaku bulying di SMPN 1 Kertasemaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian seperti : Bentuk Bullying, strategi pembelajaran Pai didalam kelasnya, secara holistik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi,dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan berdasarkan penelitian mengenai bentuk bullying yang terdapat di SMPN 1 Kertasemaya Indramayu, biasanya ada beberapa jenis perilaku bullying yang sering muncul di lingkungan sekolah. Bentuk-bentuk bullying ini dapat dikategorikan sebagai berikut: Bullying Fisik, Bullying Verbal, Bullying Sosial, Cyberbullying. mengenai faktor terjadinya bullying di SMPN 1 Kertasemaya Indramayu : factor keluarga, factor individu dan factor media teknologi. Strategi Pembelajaran PAI dalam Mencegah Perilaku Bullying dan Mengembangkan yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi bullying diantaranya, yaitu (a) memberikan hukuman, (b) memberikan himbauan / nasehat, (c) melakukan pengawasan, (d) memberikan penghargaan, dan (e) bekerjasama dengan orang tua atau memanggil orang tua siswa ke sekolah. Kata Kunci : Strategi pembelajaran PAI, Perilaku Bullying, Perilaku
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran PAI ; Perilaku Bullying ; Perilaku |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:06 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:06 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14705 |
Actions (login required)
View Item |