Dewi, (2025) Pengaruh Inovasi Digital Banking Dan Cyber Security terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP. Jatibarang. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108203163_1_cover.pdf Download (729kB) |
![]() |
Text
2108203163_2_bab1.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
2108203163_6_bab5.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
2108203163_7_dafpus.pdf Download (315kB) |
Abstract
Kepuasan Nasabah merupakan tingkat dimana produk dan layanan yang disediakan memenuhi harapan pelanggan. Permasalahan dalam penelitian ini diantaranya : Pemahaman nasabah tentang adopsi teknologi hal ini karena masih banyak orangtua yang belum paham menggunakan layanan digital. Ancaman keamanan siber hal ini karena banyak nasabah mengklik sembarangan informasi baik dari internet maupun media lainnya. Kurangnya regulasi hal ini pemerintah harus dapat menghimbau masyarakat agar tetap menjaga keamanan informasi pribadi dalam layanan digitalnya. Aksesibilitas yang kurang memadai hal ini karena masyarakat mengalami gangguan jaringan pada layanan digital banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi digital banking dan cyber security terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP. Jatibarang baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 96 responden dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 30 item pertanyaan yang dinilai dengan skala Likert 1-5. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analis linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel inovasi digital banking berpengaruh positif signifikan dilihat pada nilai t-hitung sebesar 2,447 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,986 dan nilai signifikansi 0,016. Hal ini faktor yang mempengaruhi positif signifikan yaitu kemudahan penggunaan dan aksesibilitas dimana nasabah dapat mengakses berbagai layanan dengan mudah. Dan variabel cyber security memiliki pengaruh positif signifikan dilihat dari pada nilai t-hitung sebesar 3,839 lebih besar dari t-tabel 1,986 dan nilai sig. 0,00 kurang dari 0,05. Hal ini salah satu faktornya fitur keamanan layanan digital seperti keamanan transaksi diterapkan dengan baik dapat mempengaruhi kepuasan nasabah. Saat ini layanan digital menawarkan layanan validasi data untuk melindungi informasi pribadi sehingga nasabah dapat melakukan verifikasi saat bertransaksi. Begitu pula variabel inovasi digital banking dan cyber security secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan dilihat pada nilai F-hitung sebesar 15,771 lebih besar dari F-tabel sebesar 3,94 dan nilai sig. 0,00 kurang dari 0,05. Hal ini karena inovasi digital banking dan cyber security berkaitan erat dengan kepuasan nasabah yang dimana pengembangan sebuah produk harus semakin komplek dan efisiensi dalam perbankan digital. Salah satunya di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti pengalaman pengguna, operasi, pasar, pelanggan, hubungan, dan perbedaan budaya. Dan implikasi keamanan siber terhadap transformasi digital sangatlah signifikan. Saat perusahaan menjalani proses transformasi digital, mereka menjadi lebih rentan terhadap serangan siber dan pelanggaran keamanan. Keamanan siber merupakan komponen penting dari transformasi digital karena membantu mencegah gangguan akibat aktivitas jahat atau akses tidak sah. Kata Kunci: Inovasi Digital Banking, Cyber Security, Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 07:11 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 07:11 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |