YEYEN DIDA KHOERUN NISA, (2024) PENGEMBANGAN MODUL FUNGSI BERBASIS MAPLE BAGI SISWA MA : STUDI AKTIVITAS DAN RESPON SISWA. Bachelor thesis, s1 - Tadris Matematika.
![]() |
Text
1908105119_1_cover.pdf Download (815kB) |
![]() |
Text
1908105119_2_bab1.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
1908105119_6_bab5.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
1908105119_7_dafpus.pdf Download (174kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan modul matematika materi fungsi berbantu software Maple Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengembangan modul fungsi dengan berbantuan maple dalam pembelajaran matematika; (2) untuk mengetahui aktivitas siswa setelah penggunaan software maple dalam pembelajaran; (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan software maple. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan model pengembangan ADDIE, yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Produk yang dikembangkan berupa modul ajar yaitu modul fungsi berbasis maple pada pembelajaran matematika kelas X. Modul ajar tersebut memuat materi serta dilengkapi dengan sintaks maple. Sample penelitiannya adalah siswa kelas X MIPA MA Daarul Uluum PUI Majalengka berjumlah 19 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil uji coba yang dilaksanakan, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi untuk bahan ajar dan semua instrumen penelitian adalah 4,5 yang berarti bahan ajar dan instrumen tersebut berada pada kategori sangat valid , karena berada pada interval 4,3 ≤ M ≤ 5; (2) Hasil pengamatan aktivitas siswa diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan modul berbantu software maple sebesar 91,58% pada kategori sangat baik karena nilainya berada pada rentang 80 ≤ Si ≤ 100; (3) Selain itu, persentase angket respon siswa untuk keseluruhan aspek adalah 88,95 % dengan kategori sangat positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa pada tahap uji coba yang telah dilaksanakan, pengembangan modul fungsi berbantu software maple di MA telah mendapatkan respon positif dari pengguna modul dan aktivitas siswa selama pembelajaran dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:09 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |