Novi Zahra Lestari, (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DITINJAU DARI MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI AL-HIDAYAH GUPPI. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
![]() |
Text
2008107051_7_dafpus.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
2008107051_2_bab1.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
2008107051_6_bab5.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
2008107051_1_cover.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar IPA siswa. Berdasarkan observasi saat proses pembelajaran IPA diketahui bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan metode ceramah pada saat pembelajaran dengan menggunakan papan tulis dan buku LKS siswa atau gambar gambar 2D sebagai media pembelajarannya. Hal ini menyebabkan kurangnya minat belajar siswa, siswa mudah bosan, ramai saat kegiatan pembelajaran dan tidak mendengarkan guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan media pembelajaran Augmented Reality menggunakan aplikasi Assembler Edu pada pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar IPA di kelas IV MI Al-Hidayah Guppi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran Augmented Reality ditinjau dari minat belajar IPA siswa kelas IV MI Al-Hidayah Guppi. (2) Untuk mengetahui minat belajar IPA antara yang menggunakan Augmented Reality pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Guppi. (3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality ditinjau dari minat belajar IPA siswa kelas IV MI Al-Hidayah Guppi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimental design dengan jenis pretest posttest nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes soal. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah populasi siswa kelas IV MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon yang berjumlah 44 siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenistas, Uji Paired Sampel T Test, uji Independent Sampel T Test. Berdasarkan Hasil penelitian yang dilakukan pada dua kelas penelitian didapatkan rata-rata posttest minat belajar menggunakan media pembelajaran Augmented Reality adalah 33,69 sedangkan minat belajar menggunakan media gambar adalah 30,27. Kemudian untuk hasil uji Uji Paired Sampel T Test diperoleh nilai sig. 0.000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya bahwa penggunaan media pembelajaran Augmented Reality efektif ditinjau dari minat belajar IPA siswa. Pada hasil uji Independent Sampel T Test ditemukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0.005 < 0,05. Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Augmented Reality terhadap minat belajar siswa kelas IV MI Al-Hidayah Guppi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 08 Apr 2025 01:37 |
Last Modified: | 08 Apr 2025 01:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |