Nurulita Arliyani, (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI MEDIA FOOT PRINT CHALLENGE (TEBAK JEJAK) ANAK USIA DINI DI RA AL-MUSTAQIM, BEKASI. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Anak Usia Dini.
![]() |
Text
1808108004_1_cover.pdf Download (889kB) |
![]() |
Text
1808108004_2_bab1.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
1808108004_6_bab5.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
1808108004_7_dafpus.pdf Download (282kB) |
Abstract
Penelitian dilatarbekangi fakta yang terjadi oleh peserta didik kelompok B1 di RA Al-Mustaqim, Bekasi. Yaitu: didalamnya terdapat kecanduan atau ketergantungan dalam bermain game online lewat gadget tanpa berhenti atau tanpa adanya pergerakan. Menyebabkan kurangnya kemampuan motorik kasar peserta didik dalam melakukan gerakan. Yang mana gerakan koordinasi tangan anak usia 5-6 tahun yang mudah terganggu. Penyebab lain diantaranya: belum maksimalnya guru dalam memberikan stimulasi dalam kemampuan motorik kasar dan penggunaan media yang masih kurang besar ukurannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau disebut juga classroom action research, yang artinya: bekerjasama antara guru walikelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis & MC. Taggart serta menggunakan metode inyeiren dimana cara serta strategi dalam meningkatkan kemampuan hasil potensi yang diperoleh peserta didik ketika berkegiatan belajar. Subjek penelitian: anak kelompok B1 berjumlah 15 siswa/i diantaranya 7 siswi (P) dan 8 siswa (L) dan hanya diambil 5 peserta didik saja yang digunakan sebagai sampel uji percobaan diantaranya 4 siswi 1 siswa. Objek penelitiannya adalah media ’’foot print challenge (tebak jejak)’’ dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Teknik pengumpulan data: observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil keseluruhan dari penilaian berdasarkan jumlah anak dan indikator, terjadi peningkatan pada setiap siklusnya sebagai berikut: hasil pada prasiklus sebesar 50% dan hasil pada siklus 1 sebesar 77,6%. Dengan demikian, ada peningkatan sebesar 26,3%. Sedangkan hasil pada siklus 2 sebesar 80%. Dengan demikian, adanya peningkatan dari siklus 1 sebesar 3,00%. Dapat disimpulkan bahwa media ’’foot print challenge (tebak jejak)’’ dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini (AUD) kelompok B1 RA Al-Mustaqim Kabupaten Bekasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 03:55 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 03:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |