MERLYN SEPTIYANI PUTRI, (2025) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 DUKUPUNTANG. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306038_1_cover.pdf Download (813kB) |
![]() |
Text
2108306038_2_bab1.pdf Download (580kB) |
![]() |
Text
2108306038_6_bab5.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
2108306038_7_dafpus.pdf Download (467kB) |
Abstract
Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam perkembangan siswa yang dapat mempengaruhi prestasi akademik, apalagi siswa sekolah menengah pertama yang berada pada fase usia remaja awal dimana masa transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa dengan tantangan yang sering muncul yaitu pada kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Bimbingan dan Konseling yang ada di SMPN 1 Dukupuntang, sehingga dengan adanya penelitian dapat mengetahui peran guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 guru Bimbingan dan Konseling dan 5 siswa kelas VIII . Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian yaitu observasi dan wawancara dengan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Informan yang dipilih dengan teknik puposive sampling. Dalam pelaksanaannya, guru Bimbingan dan Konseling memberikan layanan konseling Individu dan bimbingan kelompok kepada siswa. Guru Bimbingan dan Konseling berperan sebagai motivator, membangun kepribadian siswa serta peningkatan kemampuan siswa dengan memberikan pemahaman dan semangat siswa agar dapat merubah persepsi siswa sehingga kepercayaan diri siswa akan meningkat. Dengan begitu siswa dapat mengembangkan potensi diri siswa secara maksimal. Melalui peran guru Bimbingan dan Konseling berupa pemberian layanan, memperoleh hasil kepercayaan diri siswa yang mengalami peningkatan dalam hal keberanian berbicara di depan umum dan interaksi sosial. Siswa juga lebih berfikir optimis dan lebih bertanggung jawab ketika menghadapi tantangan atau hambatan. Oleh karena itu, peran guru Bimbingan dan Konseling telah membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi sekolah untuk dapat mendukung program Bimbingan dan Konseling secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:51 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |